Mesin Bisa Rusak kalau Slang Transparan di Filter Udara Motor Matic Enggak Pernah Dicek, Begini Penjelasan Bengkel

Mohammad Nurul Hidayah,Parwata - Kamis, 8 September 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi, slang transparan di boks filter motor matic punya fungsi penting, ini penjelasannya.
Farhan/GridOto.com
Ilustrasi, slang transparan di boks filter motor matic punya fungsi penting, ini penjelasannya.

Otomania.com - Mesin Bisa Rusak kalau Slang Transparan di Filter Udara Motor Matic Enggak Pernah Dicek, Begini Penjelasan Bengkel.

Banyak dijumpai adanya slang transparan yang terpasang di bagian boks filter udara motor matic.

Buat yang belum tahu, slang transparan ini punya fungsi penting sebagai indikator untuk mengetahui kondisi yang ada di dalam boks filter udara motor matic.

"Slang transparan ini ada di semua box filter udara motor. Slangnya memang transparan dan tidak memiliki lubang pembuangan," ucap Ahmad Mulyadi, mekanik bengkel Surya Motor di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Menurutnya, ada alasan mengapa slang ini selalu transparan dan tidak memiliki lubang pembuangan.

"Karena ini fungsinya sebagai indikator jika ada cairan yang masuk ke dalam box filter udara. Jadi kalau ada air atau cairan yang masuk ke box filter udara, akan terlihat dari slang ini yang terisi banyak cairan atau tampak kotor bagian dalamnya," jelas Ahmad.

Jika slang transparan ini terlihat kotor atau terisi dengan cairan, ini bisa dijadikan indikator agar pemilik motor segera memeriksa bagian dalam box filter udara.

"Segera lakukan pengecekan karena ditakutkan air yang masuk ke dalam box filter udara mengenai dan merusak filter udara," tegasnya.

Sebab, filter udara yang rusak akibat terkena air ditakutkan akan mengganggu proses penyaringan udara.

Baca Juga: Jangan Panik, Begini Tips Darurat Mengatasi Slang Rem Motor Bocor saat Dipakai, Pengendara Bisa Lakukan Sendiri

Selain itu, untuk filter udara bahan kertas juga rawan robek saat terkena air sehingga berbahaya bagi mesin jika robekan kertasnya sampai terisap ke ruang bakar.

"Makanya, saat memanaskan motor sebaiknya cek bagian slang indikator yang ada di filter udara ini. Pastikan kondisinya bersih dan tidak ada air di dalamnya," wanti Ahmad.

Masih menurut Ahmad, ada perbedaan juga antara slang pada box filter udara motor keluaran lama dan motor keluaran terbaru.

"Di motor keluaran lama biasanya cuma ada slang indikator ini saja. Kalau di motor-motor matic terbaru biasanya sudah ada slang pembuangan berikut slang indikator ini. Biasanya slang pembuangan berwarna hitam dan memiliki lubang," pungkasnya.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa