Tahun 2024 Kartu Tol Enggak Kepakai Lagi, Transaksinya Diganti Sistem Canggih Tanpa Bikin Mobil Berhenti di GT

Parwata - Minggu, 22 Mei 2022 | 06:00 WIB
Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna disaksikan Wakil Direktur Utama LMS Hudaya Arryanto (kedua dari kanan) menerima kartu tol setelah diberlakukan uji coba sistem integrasi pembayaran tol di Gerbang Tol Palimanan, Tol Cikopo-Palimanan, Senin (13/6/2016).
Dokumentasi PT LMS
Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna disaksikan Wakil Direktur Utama LMS Hudaya Arryanto (kedua dari kanan) menerima kartu tol setelah diberlakukan uji coba sistem integrasi pembayaran tol di Gerbang Tol Palimanan, Tol Cikopo-Palimanan, Senin (13/6/2016).

Otomania.com - Tahun 2024 kartu tol enggak kepakai lagi, transaksinya diganti sistem canggih tanpa bikin mobil berhenti di GT.

Saat ini, para pengguna jalan tol masih berhenti di gerbang tol (GT) untuk melakukan transaksi pembayaran.

Namun nantinya, para pengguna jalan tol tidak lagi menggunakan cara tersebut karena akan diterapkan sistem yang berbeda.

Melansir dari Kompas.com, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menerapkan secara penuh sistem transaksi nontunai nirsentuh atau layanan menggunakan sistem multilane free flow (MLFF) sebagai pengganti kartu tol pada 2024 mendatang.

"Kalau dari sisi perjanjian, implementasi secara penuh akan dilaksanakan pada 2024," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit, dikutip dari Antara, Sabtu (21/5/2022).

Menurut Danang, proses ini tentunya ada transisi seperti pengurangan gerbang tol dan sebagainya yang akan dilakukan secara bertahap.

Penerapan teknologi nontunai nirsentuh ini bukan sesuatu yang langsung berubah karena BPJT juga akan melihat kesiapan teknologinya, kesiapan dan respons dari konsumen, serta kesiapan penegakan hukumnya.

"Jadi semua akan kita lakukan secara bertahap dengan kemampuan kita untuk beradaptasi dengan teknologi baru ini," kata Danang.

BPJT sendiri saat ini berencana akan melakukan uji coba sistem transaksi tersebut pada tahun ini yang akan dilaksanakan oleh PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai Badan Usaha Pelaksana Sistem Transaksi Tol.

Baca Juga: Bayar Tol Gak Perlu Berhenti Akan Diberlakukan Tahun Ini, Ada 3 Cara Transaksinya, Apa Aja Tuh?


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa