Teknologi Aspal Sirkuit Mandalika Ternyata Diaplikasikan Juga di Tiga Jalan Indonesia, di Sini Lokasinya

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 31 Maret 2022 | 19:00 WIB
Teknologi aspal sirkuit Mandalika ternyata diaplikasikan juga di tiga jalan Indonesia, di sini lokasinya (foto ilustrasi)
MotoGP
Teknologi aspal sirkuit Mandalika ternyata diaplikasikan juga di tiga jalan Indonesia, di sini lokasinya (foto ilustrasi)

Otomania.com - Teknologi aspal sirkuit Mandalika ternyata diaplikasikan juga di tiga jalan Indonesia, di sini lokasinya.

Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM), Dorna Sports, dan IRTA resmi memberikan homologasi Grade A kepada Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika.

Homologasi Grade A tersebut didapatkan Sirkuit Mandalika melalui track inspection pada Kamis (17/3/2022).

Dengan grade tertinggi yang dimiliki FIM tersebut, artinya sirkuit Mandalika layak untuk menggelar balap motor kelas dunia seperti MotoGP.

Sirkuit berstandar internasional yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), ini diketahui menggunakan teknologi aspal yang baru diterapkan di tiga sirkuit di seluruh dunia.

Teknologi aspal yang digunakan adalah Stone Mastic Asphalt (SMA), yang merupakan campuran aspal untuk melapisi permukaan atas lintasan.

SMA adalah campuran jenis aspal dengan open graded. Artinya kehalusan yang diberikan oleh aspal tidak kontinu seperti pada hot mix asphalt.

Tujuannya adalah untuk memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kontak stone by stone. Karenanya, volume aspal yang digunakan menjadi lebih kecil.

Direktur Kontruksi dan Pengembangan dari Mandalika Grand Prix Associaton (MGPA) Dwianto Eko Winaryo menyampaikan, tidak semua sirkuit di dunia menggunakan campuran SMA.

Baca Juga: Bisa Gesekan Sikut ke Aspal Saat Hujan, Fabio Quartararo Puji Grip Aspal Sirkuit Mandalika, Sayang Telat Sadar


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa