Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Asyik, Calon Pemudik yang Belum Vaksinasi Booster Boleh Pulang Kampung saat Lebaran, Tapi Persyaratan Ini Wajib Dipenuhi

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 24 Maret 2022 | 17:00 WIB
Asyik, calon pemudik yang belum vaksinasi booster boleh pulang kampung saat Lebaran, tapi persyaratan ini wajib dipenuhi (foto ilustrasi)
octa saputra/Otofemale.id
Asyik, calon pemudik yang belum vaksinasi booster boleh pulang kampung saat Lebaran, tapi persyaratan ini wajib dipenuhi (foto ilustrasi)

Otomania.com - Asyik, calon pemudik yang belum vaksinasi booster boleh pulang kampung saat Lebaran, tapi persyaratan ini wajib dipenuhi.

Buat Sobat Otomania.com yang mau mudik lebaran tahun 2022 tapi belum menerima vaksinasi booster, tidak perlu khawatir.

Pasalnya, pemerintah memperbolehkan para calon pemudik yang belum menerima vaksinasi booster melakukan perjalanan.

Namun perlu dicatat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pemudik namun belum melakukan vaksinasi booster.

Hal tersebut dijelaskan dalam konferensi pers virtual bertajuk “Panduan Protokol Kesehatan Ramadhan dan Idul Fitri” kemarin, Rabu (23/3/2022) di kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI.

Dalam konferensi pers tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, bagi calon pemudik yang telah mendapat vaksin kedua tetapi belum melakukan vaksinasi booster maka diwajibkan tes rapid antigen.

Selanjutnya bagi masyarakat yang baru memperoleh vaksin pertama maka diwajibkan melakukan tes RT-PCR.

“Kalau dia baru vaksinasinya dua kali, harus tes antigen. Tapi kalau dia baru satu kali vaksinasi, dia harus tesnya PCR,” ujarnya.

Namun, Budi juga menjelaskan bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi booster maka pihaknya akan menyediakan tempat-tempat vaksinasi di fasilitas angkutan umum.

Baca Juga: 6 Tahun Tak Bertemu Anak, Emak-emak Pemudik Emosi Pilih Dipenjara Daripada Putar Balik, Endingnya Begini

“Kalau mereka mau di-booster saat itu, nanti dipersiapkan oleh Kementerian Perhubungan, tempat-tempat vaksinasi gratis di fasilitas-fasilitas angkutan umum dan beberapa pos-pos di mana masyarakat bisa langsung disuntik booster sebelum mudik,” jelas Budi.

Selain itu, kata Budi, bagi masyarakat yang belum menerima vaksinasi kedua, maka akan disediakan fasilitas-fasilitas di angkutan umum dan untuk pengendara kendaraan pribadi juga akan disediakan pos-pos penyuntikan vaksin.

“Ada tempat-tempat khusus baik di angkutan umum maupun beberapa pos, kalau mau ingin naik angkutan pribadi bisa juga disuntik keduanya disana,” jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul CATAT! Ini Syarat Bagi yang Lakukan Mudik tetapi Belum Menerima Vaksinasi Booster - Halaman all - Tribunnews.com

Editor : Naufal Nur Aziz Effendi
Sumber : Tribunnews.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa