Masuk New Normal, SPBU di Surabaya Sudah Mulai Uji Coba Transaksi Non-tunai

Adi Wira Bhre Anggono - Kamis, 2 Juli 2020 | 18:45 WIB
Pertamina mulai lakukan uji coba pembayaran nontunai di SPBU Surabaya
TribunJatim.com
Pertamina mulai lakukan uji coba pembayaran nontunai di SPBU Surabaya

GridOto.com - Stasiun pengisian bahan bakar milik PT Pertamina di Surabaya sudah mulai melakukan uji coba transaksi non-tunai.

Dilansir dari TribunJatim.com, Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji, mengatakan, pemberlakukan transaksi nontunai ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen.

"Dimana mulai tanggal 1 Juli ini, Pertamina akan mulai melakukan uji coba pemberlakuan transaksi nontunai di seluruh SPBU yang berada di wilayah Surabaya," kata Rustam Aji, Selasa (30/6/2020).

Tahap uji coba ini akan dilakukan dalam tiga fase.

Fase pertama akan diberlakukan transaksi nonunai via aplikasi MyPertamina di jalur khusus, sedangkan jalur lain masih melayani pembayaran tunai.

Baca Juga: Waduh, 7 Mobil Ringsek Terlibat Tabrakan Beruntun, Tapi Sopirnya Pada Ogah Lapor ke Polisi

Fase kedua akan diberlakukan transaksi nontunai di jalur Bahan Bakar Non Subsidi seperti Perta-Series dan Dex-Series.

Sedangkan jalur premium dan solar masih dapat melayani pembayaran tunai.

Pada fase ketiga, pemberlakuan transaksi nontunai akan diterapkan diseluruh jalur pengisian BBM di SPBU.

"Di wilayah Surabaya dari 93 SPBU yang ada, seluruhnya telah dilengkapi infrastruktur untuk transaksi nontunai," ungkap Rustam Aji.

Baca Juga: Sokbreker Belakang Rusak Tak Disarankan Untuk Servis, Malah Bikin Rawan, Ini Penjelasannya

Sepert diketahui, Pemerintah Kota Surabaya telah mengeluarkan Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Kota Surabaya yang menyebutkan agar transaksi jual beli dilakukan secara nontunai.

Oleh karena itu, Pertamina berupaya untuk berpartipasi dalam pencegahan penularan Covid-19 dan mengikuti peraturan yang ada.

Rustam Aji juga menyebutkan, setiap tahapan nantinya akan terus dievaluasi demi kenyamanan konsumen dalam bertransaksi di SPBU.

Ia menekankan transaksi pembayaran nontunai aman dilakukan di SPBU dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga: Tak Mau Ambil Resiko, IMI Juga Tiadakan Kejurnas Balap Motor di 2020

“Jika menggunakan motor, pastikan posisi motor dengan dispenser berjarak 1,5 meter, lalu pelanggan dapat melakukan snap QR Code melalui aplikasi LinkAja dan menunggu bukti pembayaran muncul dan transaksi dinyatakan berhasil," jelas

Jika menggunakan mobil, pastikan posisi mobil sudah sesuai dengan titik yang ditetapkan dan posisi mesin dalam keadaan mati, nantinya petugas SPBU akan menghampiri dengan membawa QR Code untuk melakukan proses transaksi.

Pertamina juga mengimbau kepada semua pelanggan untuk selalu mengenakan masker ketika berada di area SPBU dan menjaga jarak saat sedang melakukan pengisian BBM.

Baca Juga: Sempat Anjlok, Kini Harga Honda BeAT Manjat Lagi, Gini Kalau Kata Pedagang

“Untuk pelanggan yang mengisi bahan bakar roda empat, agar tetap berada di mobil ketika melakukan pengisian BBM," jelas Rustam Aji.

Sedangkan untuk pengendara roda dua diimbau untuk turun dari kendaraan dan berdiri di tanda yang telah disediakan berseberangan dengan operator SPBU.

Tidak hanya itu, Pertamina juga menawarkan promo bagi pelanggan yang untuk pembelian produk tertentu sesuai dengan syarat dan ketentuan melalui aplikasi MyPertamina.

“Pertamina memberikan cashback 50 persen bagi pengemudi ojek online yang membeli Pertalite, 50 persen untuk pembelian Pertalite dan Dexlite untuk pengemudi angkutan kota, serta cashback 30 persen bagi masyarakat umum yang membeli Pertamax Series dan Pertamina Dex,” tandas Rustam Aji.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Pertamina Mulai Lakukan Uji Coba Transaksi Nontunai di SPBU Surabaya, Begini Caranya agar Aman!,

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa