Suka Ada Suara Bising di Audio Mobil, Dari Mana Sih? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Radityo Herdianto - Minggu, 3 Mei 2020 | 21:05 WIB
Grounding system di mobil
Grounding system di mobil

Otomania.com - Terkadang audio mobil yang bermasalah menimbulkan suara bising yang mengganggu.

Perlu diketahui bahwa tingkat kebisingan suara atau noise menjadi salah satu patokan penting saat memasang perangkat audio mobil.

Semakin minim suara noise yang dihasilkan audio mobil berarti semakin baik juga kualitas suara yang dikeluarkan.

Selain dari faktor perangkat keras, ternyata ada hal lain yang bisa menjadi penyebab munculnya suara noise yang dihasilkan audio mobil.

Baca Juga: Polisi Tega Banget, Pelaku Balap Liar Disuruh Dorong Motor 7 Km, Balapan Kagak Tapi Capek Iya

"Saat instalasi audio mobil, kabel audio jangan dipasang berdekatan dengan kabel massa atau kabel bodi mobil," tekan Andreas Tjahjadi, CEO PT Audio Plus Indonesia, dikutip dari GridOto.com.

Andreas menjelaskan, kabel bodi menghasilkan induksi listrik dari tegangan aliran listrik yang besar saat perangkat elektrikal mobil bekerja.

Kabel Audio Mobil dari Merek Tchernov Cable
Radityo Herdianto
Kabel Audio Mobil dari Merek Tchernov Cable

Di saat yang bersamaan, kabel audio juga mengalirkan tenaga listrik sebagai sinyal frekuensi yang diubah menjadi suara di speaker.

"Kabel audio yang dipasang berdekatan akan terkena induksi listrik dari kabel bodi, aliran sinyal frekuensi suara jadi terganggu," tutur Andreas.

Baca Juga: Apa Jadinya Kalau MotoGP Tanpa Penonton Langsung? Ternyata Dorna Sports Masih Bisa Dapat Pemasukan Rp 315 Miliar Dari Ini

Gangguan sinyal frekuensi suara akibat induksi listrik inilah yang memicu noise dari suara speaker seperti suara berisik, kasar, atau dengung.

Andreas menyarankan, saat instalasi audio mobil sebaiknya kabel audio dipasang sejauh mungkin dengan kabel bodi mobil.

"Kalau terpaksa ada bagian yang dipasang berdekatan, bisa tambah isolator kabel atau pakai kabel audio kualitas bagus yang bisa meredam induksi listrik," ujar Andreas.


YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa