Bangga! Mobil, Motor dan Off-road Jadi Satu Paket, Karya Anak Bangsa Nih

Indra Aditya - Minggu, 1 Desember 2019 | 12:10 WIB
mobil, motor dan off-road jadi satu di kendaraan bogy ini, karya anak bangsa lho
Tribunjabar/Fasko Dehotman
mobil, motor dan off-road jadi satu di kendaraan bogy ini, karya anak bangsa lho

Otomania.com – Seorang siswa SMK Angkasa 1 Kalijati Kabupaten Subang Jurusan Teknik Kendaraan ringan, berbekal ilmunya muncul keinginan untuk merakit mobil sendiri.

Mobil yang mereka rakit bukanlah mobil biasa, melainkan mobil berbentuk offroad, tetapi bermesin sepeda motor Honda Blade.

Meski bermesin motor, mobil Bugy ini memakai konstruksi gardan mobil dengan seal di as roda sehingga lebih aman dan stabil.

Tak hanya mesinnya saja, bahkan speedometer, gigi transmisi, hingga shockbreaker (per), turut menggunakan spare part motor Honda Blade.

Khusus bagian speedometer dan gigi transmisi itu sama-sama dipasang di bagian dalam sisi kiri mobil.

Spesifikasi yang digunakan pada mobil Bugy adalah tipe mesin motor bebek 4 tak, gigi transmisi 4 kecepatan, dan aki berkekuatan 12 volt 9 Ah.

Baca Juga: Dibekali Fitur Canggih, Suzuki Jimny Semakin Lincah di Trek Off-road

Meski ukurannya agak kecil, mobil Bugy memiliki rangka yang kuat dan bisa melaju dengan kecepatan kurang lebih 80 kilometer per jam.

Mobil Bugy memiliki kapasitas silinder 110 cc dan kapasitas tangki bahan bakar 3,5 liter. Sehingga penggunaan bahan bakarnya terbilang cukup irit.

Siswa kelas XII SMK Angkasa 1 Kalijati Kabupaten Subang Jurusan Teknik Kendaraan Ringan 5, David Torang Harianja, menuturkan, ide merakit mobil Bugy sudah terencana sejak 2017. Tepatnya saat Ia dan teman-teman ya masih duduk di bangku kelas X.

Namun, ide itu terkendala dana yang kurang dan pertimbangan jenis mobil yang akan dirancang.

Akhirnya ide itu baru terwujud tahun ini setelah SMK Angkasa 1 Kalijati membulatkan tekad menyasar arena lintasan offroad.

"Alasannya sederhana, karena hanya akan digunakan di lokasi offroad. Mobil Bugy ini tidak membutuhkan surat izin seperti kendaraan lain yang beroperasi di jalan umum," ujar David kepada Tribun Jabar, ditemui saat Even Otofest di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro No 22, Kota Bandung, Sabtu (23/11/2019) sore.

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa