Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kalau Sudah Timbul Gejala Ini di Mobil, Bagian Suspensi Minta Disayang

Indra Aditya - Kamis, 3 Oktober 2019 | 10:00 WIB
Mengerjakan Rekondisi Suspensi Mobil
Radityo Herdianto
Mengerjakan Rekondisi Suspensi Mobil

Otomania.com - Komponen suspensi di mobil berfungsi sebagai peredam guncangan dari kontur jalan.

Suspensi mobil yang sudah rusak tentu akan memberikan dampak buruk baik dari segi kenyamanan maupun keamanan pada kestabilan mobil.

Anda juga bisa mendeteksi gejala kerusakan suspensi dengan mudah.

"Coba goyangkan mobil dengan mendorong atau menekan tulang sasis salah satu tepi sisi mobil," buka Uban, pemilik bengkel rekondisi kaki-kaki Uban Jaya Motor dilansir dari GridOto.com.

Saat ditekan suspensi mobil mudah ambles atau ayunan mobil bergerak lebih dari dua kali dipastikan suspensi sudah melemah.

Baca Juga: Tampang Boleh Lawas, Tapi Bantingan Suspensi Rasa Suzuki Jimny Baru

Perbaikan Suspensi Honda City
Radityo Herdianto
Perbaikan Suspensi Honda City

Jika sulit terlihat, coba Anda bawa jalan mobil ke jalan yang cukup mulus lalu putar setir dengan gerakan sedikit mendadak.

Atau Anda bisa coba lakukan manuver berbelok halus di tikungan dengan kecepatan cukup tinggi atau belok pada persimpangan jalan.

"Kalau suspensi rusak mobil terasa limbung dan tidak stabil di kecepatan tinggi, bahkan cukup terasa miring meskipun hanya belok patah di persimpangan," jelas Uban.

Kalau seperti itu, kemungkinan masalahnya adalah oli suspensi sudah mati atau tidak mampu menahan rebound gerak suspensi.

"Bunyi jedug di kolong mobil saat lewat jalan rusak atau polisi tidur kemungkinan seal pecah sehingga selongsong mentok saat rebound," tambah Uban.

Artikel ini sudah tayang di GridOto.com dengan judul Kalau Sudah Timbul Gejala Ini di Mobil, Bagian Suspensi Minta Disayang

Editor : Indra Aditya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa