Enggak Puas dengan Performa Motor Matik, Ini Tahapan Upgrade Agar Maksimal

Indra Aditya - Rabu, 2 Oktober 2019 | 09:00 WIB
Paket bore up 61 mm, bikin kapasitas mesin menjadi 170 cc
Istimewa
Paket bore up 61 mm, bikin kapasitas mesin menjadi 170 cc

Otomania.com - Kurang puas dengan performa motor matik standar? Ikuti tahapan yang dianjurkan oleh bengkel spesialis biar hasilnya maksimal.

Saat ini banyak pengguna motor yang beralih ke tipe matic karena kepraktisan serta fungsional yang lebih baik dari motor tipe lain.

Meskipun demikian, sebagian pemakai motor matic masih merasa performa bawaan motor terasa kurang dan butuh suntikan tenaga.

“Oprek motor matic prinsipnya dari kiri ke kanan. Secara umum dari transmisi CVT, sistem injeksi, lalu mesin dan knalpot,” jelas Oki Aditiawan dari Sinthink Garage, Pejaten, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Dulu Dicela, Kini Desain Lampu 'Bego' Banyak Dipakai Di Motor Matik, Bagaimana Untuk Motor Bebek

Bagi pengguna harian yang masih mempertimbangkan konsumsi BBM dan kemudahan perawatan, cukup melakukan ubahan transmisi CVT dan sistem injeksi jika perlu.

Sektor CVT yang diubah antara lain adalah mengubah bobot roller, kampas dan mangkok ganda, per CVT serta pulley depan.

CVT paketan terpasang
Tabloid OTOMOTIF
CVT paketan terpasang

Sedangkan sistem injeksi antara lain adalah koil, busi, throttle body untuk memperbesar asupan bahan bakar dan udara di ruang bakar.

“Kalau mau total, silahkan upgrade mesin seperti porting polish atau bore up disertai injektor dan knalpot lalu setting ulang CVT buat mengimbangi ubahan tersebut,” terangnya.

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X