Semakin Ramai, Piaggio Bakal Luncurkan Skuter Listrik Vespa Elettrica

Indra Aditya - Rabu, 28 Agustus 2019 | 08:00 WIB
Vespa Elettrica akan masuk Indonesia
Vespa Elettrica akan masuk Indonesia

Otomania.com - Presiden Joko Widodo telah mengetuk palunya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019, mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, disambut baik PT Piaggio Indonesia (PID).

Pasalnya mereka sudah punya produknya yaitu Vespa Elettrica yang memang sudah dijual di beberapa negara. Skuter ini sendiri dikenalkan di EICMA, Milan 2018 lalu.

Baca Juga: Vespa LX 125 i-get Tampil Lebih Segar, Harganya Sentuh Rp 35,8 Juta

"Kami sangat menyambut baik keputusan pemerintah terkait kendaraan listrik. Kita sudah siap dan sudah ada ruang dari pemerintah," ujar Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PID, Selasa (27/8/2019).

Namun Marco menjelaskan, belum bisa memastikan kapan motor bertenaga listrik itu akan dijual untuk pasar Indonesia, karena pihaknya tak mau tergesa-gesa.

"Banyak hal yang harus kami persiapkan, seperti training mekanik dan lain-lain. Tapi kami pastikan Elettrica akan datang ke Indonesia," tegasnya.

Vespa Elettrica sendiri dibangun menggunakan sasis monokok, yang menggunakan basis dan memiliki desain yang sama dengan Vespa Primavera.

Motor listriknya berdaya 4 kW (5,3 dk) yang dikembangkan sendiri oleh Piaggio, dengan dipadu teknologi KERS (Kinetic Energy Recovery System).

Baca Juga: Vespa Sprint Ini Terlihat Sangar Dan Kencang, Itu Yang Terbayang

Vespa Elettrica
Piaggio Group
Vespa Elettrica

Meski tenaganya enggak terlalu besar, tapi torsinya diklaim sampai 148 ft-lb (200,66 Nm)! Sebuah angka yang besar, jika benar maka angkatan awal dan akselerasi motor ini akan sangat kuat.

Sedangkan baterainya punya kapasitas 48 volt, yang dikembangkan bersama dengan LG Chem. Dan mampu membuat skuter ini melaju sejauh 100 km.

Semoga harganya kelak enggak terlalu mahal.

Artikel ini sudah tayang di GridOto.com dengan judul Mantap! Skuter Listrik Vespa Elettrica Bakal Mengaspal di Indonesia

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X