KTM Sudah Gak Sabar Rakit Motor Secara Lokal, Pabrik Sudah Rampung

Indra Aditya - Kamis, 27 Juni 2019 | 20:30 WIB
KTM Adventure 790 dan Duke 790
Rangga
KTM Adventure 790 dan Duke 790

Otomania.com - Selaku APM dari merek KTM, PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) punya rencana untuk merakit motor secara lokal, akan segera terealisasikan.

Seperti diketahui, motor-motor KTM yang dipasarkan di Indonesia saat ini masih diimpor secara utuh (CBU), baik dari pabrik mereka di Chennai, India maupun langsung dari negara asalnya yakni Austria.

Kristianto Goenadi, selaku Presiden Direktur PJLM mengungkapkan, dirinya optimis akhir tahun 2019 ini segala persiapan untuk perakitan motor baru KTM selesai dilangsungkan.

Mengingat pabrik perakitan mereka sudah rampung di kawasan Gresik, Jawa Timur, hanya saja sempat mengalami kendala di perizinan.

Baca Juga: Tim Pabrikan KTM Tech3 Optimis Di Balap MotoGP Belanda, Karena Ini

"Fasilitas sudah ada, cuma perizinannya saja kami belum selesai. Di Gresik, Jawa Timur.  Nilai Investasi 10 juta euro dengan luas tanah 2,5 hektar," papar pria yang akrab disapa Kris ini saat berada di kawasan Kemayoran, Jakarta.

"License itu ada dari sisi brand, sama dari sisi CKD-nya. Tetapi kami sudah ada satu komitmen juga dengan prinsipal, jadi tahun ini kami yakin bisa beroperasi (untuk memproduksi KTM CKD)," imbuhnya, Senin (24/6/2019).

Kris menambahkan, untuk tahap awal, nantinya pabrik tersebut akan merakit motor sport dengan model 200 cc, 250 cc dan 390 cc dengan kandungan lokal mencapai 10 persen.

Dirinya berharap nantinya tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) itu meningkat secara bertahap menjadi 20 persen.

Baca Juga: Pelototin Nih, KTM yang Akan Meluncur Besok Senin, Kloter Pertama 15 Unit

Ilustrasi. Pabrik KTM di Mattighofen.
Ilustrasi. Pabrik KTM di Mattighofen.

"Kapasitas produksi itu bisa sampai 200 unit per hari. Tahap awal produksi itu umumnya untuk model street sekarang yaitu 200 sampai 390, kemudian menyusul tipe-tipe yang lainnya," kata Kris lagi.

"Soal harga kami yakin sudah bersaing, jadi proses perakitan di sini untuk mempercepat proses penerimaan unit saja. Kalau biasanya kan makan waktu sebulan untuk bisa selesai, nah, dengan ada pabrik ini satu minggu paling lama," tutupnya.

Artikel ini sudah tayang di GridOto.com dengan judul Mantap! Pabrik Sudah Rampung, KTM Optimis Tahun Ini Bisa Rakit Motor Secara Lokal

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa