Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada! Lewati Jalan Lurus dalam Waktu Lama, Fenomena Ini Mengintai

Indra Aditya - Jumat, 21 Juni 2019 | 14:30 WIB
Ilustrasi mengemudi mobil
Ilustrasi mengemudi mobil

Otomania.com - Jalan yang lurus dan sepi seperti di jalan tol kadang membuat kita terlena dan terlalu nyaman mengemudikan kendaraan.

Ternyata jalan yang lurus bisa minumbalkan efek monoton dan bosan sehingga munculnya fenomena "highway hypnosis".

Fenomena ini dimana otak seseorang terhipnotis akibat keadaan yang terlalu monoton sehingga mengalami setengah sadar ataupun mengalami microsleep.

"Jarak yang panjang mereka gampang terkena yang namanya fenomena highway hypnosist, otak kita terhipnotis," terang Jusri Palubuhu, instruktur dan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) dikutip dari GridOto.com.

Lanjut Jusri, Dampaknya bisa mengalami microsleep, mata terbuka tapi otak tidak terstimulus, ini korelasinya peluang kecelakaan akan semakin tinggi. 

Baca Juga: Ngeri! Dikira Bangkai, Ternyata Potongan Kaki Manusia di Jalan Tol

Ilustrasi jalan tol
Riyanto Prasetyo
Ilustrasi jalan tol

"Ketika monoton situasi alam otaknya atau situasi psikologisnya masuk kategori fatigue atau kelelahan, pada saat itu kemampuan motorik seseoarang akan menurun, termasuk konsentrasi seseorang karena monoton." ucapnya.

Nah cara untuk mecegah fenomena highway hypnosis adalah usahakan otak agar terus terstimulus dan menerima rangsangan.

"Teori dari defensive, otak harus terstimulus, otak diminta untuk terus menerima rangsangan sehingga tidak bosan, otak terstimulus tidak hanya melihat," terang Jusri.

Mengobrol dengan penumpang lain dan mendengarkan musik ataupun lakukan gerakan tubuh sesaat, namun tetap mengutamakan fokus mengemudi juga.

Selain itu jangan terlalu sering fokus pada satu titik contoh terlalu fokus menatap garis marka jalan dengan waktu yang lama, ini membuat otak tidak terstimulus.

Artikel ini sudah tayang di GridOto.com dengan judul Cara Cegah Terhipnotis Akibat Melewati Jalan Lurus dalam Waktu Lama

Editor : Indra Aditya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa