Nostalgia 90-an, Bus PPD RMB Sempat Jadi Primadona yang Sering Dikejar-kejar

Indra Aditya - Jumat, 14 Juni 2019 | 20:20 WIB
Bus PPD RMB dengan AC, sempat jadi primadona di Jakarta tahun 90 an.
Picgra.com
Bus PPD RMB dengan AC, sempat jadi primadona di Jakarta tahun 90 an.

Otomania.com - Pada medio tahun '90-an, naik bus kota dengan AC atau pendingin udara memang menjadi suatu yang spesial, apalagi pintu bisa terbuka otomatis.

Kala itu Jakarta pernah memiliki sebuah bus yang canggih kala itu lewat bus Patas AC RMB (Rute Metode Baru) milik Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD).

Bus PPD Patas AC masuk ke Indonesia tahun 1992 dengan mesin pabrikan asal Jerman Mercedes-Benz serta karoserinya buatan Volgren, Australia.

Bus ini pertama kali digunakan untuk mengangkut anggota delegasi negara Konferensi Tingkat Tinggi Geralan Non-Blok (KTT GNB) di Jakarta, 1-6 September 1992.

Baca Juga: Bus Kota Ugal-ugalan, Ngerem Pakai Rumah Kosong
Setahun berselang tepatnya 11 Mei 1993 bus ini beroperasi untuk masyarakat.

Ciri khas dari bus ini yaitu badan bus terbuat dari aluminium, ada kotak ongkos di samping kiri sopirnya dan jika penumpang hendak turun tinggal memencet bel untuk memberi tahu sang sopir.

Selain itu bus ini tak punya kernet atau kondektur seperti Metro Mini atau Kopaja, jadi penumpang tinggal memasukkan ongkos yang waktu itu sebesar Rp 1.300 ke dalam kotak ongkos (fare box).

Bus PPD RNB ini digagas oleh Gubernur Jakarta periode 1982-1987, di mana ia menginginkan bus Patas yang lebih layak dan nyaman dengan dilengkapi AC.

Baca Juga: Maut Pagi Hari, Bus Kota Terperosok Tewaskan Satu Orang di Yogyakarta

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X