Pertamina Pastikan Stok BBM Aman, Jelang Puncak Arus Balik Mudik

Indra Aditya - Sabtu, 8 Juni 2019 | 17:00 WIB
Bye Jakarta! Hingga H-2 Lebaran 2019, Lebih Dari 1 Juta Kendaraan Mudik Tinggalkan Jakarta
@official.jasamarga
Bye Jakarta! Hingga H-2 Lebaran 2019, Lebih Dari 1 Juta Kendaraan Mudik Tinggalkan Jakarta

Otomania.com - PT Pertamina (Persero) menyiapkan seluruh personil Satgas untuk memastikan pasokan BBM aman diseluruh wilayah Indonesia, jelang puncak arus balik akhir pekan ini.

Untuk memastikan kesiapan pasokan, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia, Ignatius Tallulembang meninjau langsung kesiapan pasokan di Terminal BBM Plumpang, Jakarta.

Sementara Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan sejak pembentukan Satgas Ramadhan Idul Fitri (Rafi) sejak 22 Mei lalu, satgas Rafi bekerja 24 jam untuk memastikan keamanan stok dan suplai BBM.

Hingga kini, Pertamina menyatakan stok untuk seluruh produk BBM berada di level aman dan cukup untuk 21 hari hingga 84 hari kedepan.

Baca Juga: 60 Motoris Siap Antar BBM Pertamina Di Kemacetan Mudik Lebaran, Kenali Tampangnya

Berdasarkan pantauan, konsumsi BBM tertinggi terjadi di H-1 Lebaran sementara pada Selasa (4/6/2019) lalu penyaluran BBM meningkat 36 persen yaitu sebanyak 127 ribu kiloliter.

Saat ini rata-rata konsumsi BBM masyarakat meningkat 10 persen dari rata-rata pada hari biasa.

"Tingginya jumlah pemudik jalur darat berbanding lurus dengan konsumsi BBM yang meningkat, terutama di jalur wilayah mudik," kata Fajriyah.

Fajriyah menjelaskan, di SPBU Tol Trans Jawa tingkat konsumsi mengalami kenaikan yang signifikan yaitu 58 persen atau 638 kilo liter, namun hal ini sudah diantisipasi oleh Pertamina.

Baca Juga: 'Bonus Pertamina Siaga', Pertamina Kasih Cashback Segini Bagi Konsumen

Ignatius Tallulembang saat memantau Terminal BBM di Plumpang, Jakarta
Istimewa
Ignatius Tallulembang saat memantau Terminal BBM di Plumpang, Jakarta

"Untuk arus balik, stok BBM di SPBU beserta layanan tambahan Pertamina berada di atas rata-rata normal."

Pertamina menghimbau kepada seluruh pemudik untuk tetap mengisi penuh tangki kendaraannya sebelum melalukan perjalanan kemudian mengisi kembali bahan bakar saat sudah terpakai setengahnya.

Artikel ini sudah tayang di GridOto.com dengan judul Jelang Puncak Arus Balik, Pertamina Jamin Stok BBM di Indonesia Aman

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X