Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kerap Diserang Nyeri Pinggang Saat Naik Motor, Wajar Gak Sih?

Indra Aditya - Rabu, 5 Juni 2019 | 17:00 WIB
Ilustrasi istirahat karena kecapean naik motor
capangker
Ilustrasi istirahat karena kecapean naik motor

Otomania.com - Saat naik motor atau sesudahnya mendapat serangan nyeri pinggang, pernah merasakan?

Hal yang biasa, karena punggung dan pinggang menjadi bagian dari tubuh pemotor yang sering "diserang" ketika kelamaan menunggang.

Sebenarnya mudah mengurangi rasa nyeri di pinggang saat naik motor, cukup lalukan peregangan ringan yang bisa dilakukan sambil naik motor.

Yuli, instruktur yoga, body language, dan aerobik sanggar Monica Bekasi, sebaiknya gerakan peregangan yang dilakukan di motor tidak berlebihan karena terkait dengan posisi berkendara yang aman.

"Jadi sebenarnya kalau mengendarai motor tidak perlu dilakukan peregangan yang macam-macam, kecuali ketika turun dari motor, atau sebelum berkendara," ujar Yuli (14/1/2018).

(BACA JUGA: Tips Berkendara dengan Motor Matik Saat Macet-macetan)

Berikut poin-poinnya:

1. Tangan harus tetap menempel di handle, posisi tubuh juga seperti normal berkendara, tidak perlu menggoyangkan tubuh atau melakukan gerakan yang macam-macam.

2. Atur pernapasan dengan benar, otot perut akan tertekan, ini juga berpengaruh ke pinggang, tarik lalu buang nafas dengan benar.

3. Peregangan bisa dilakukan sambil naik motor dan mengikuti trek perjalanan. Misalnya ketika berbelok, tangan akan mengikuti arah belokan, atau ketika ada polisi tidur, sebenarnya tubuh juga ikut bergerak, jadi jangan terlalu tegang, "Ikuti saja trek selama perjalanan," ujar Yuli.

(BACA JUGA: Tidak Ada Obat Mujarab yang Sanggup Usir Kantuk Berkendara)

4. Intinya, jangan berkendara dengan posisi salah dengan alasan pegal atau nyeri pinggang, kalau tidak bisa diatasi lebih baik berhenti dulu untuk istirahat.

"Itulah pentingnya olahraga rutin, terutama untuk yang berkendara jarak jauh, tubuh bisa lebih fresh, otot tidak kaku, dan stamina terjaga selama beraktivitas," ucap Yuli.

Editor : Indra Aditya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa