Agar Lebih Kompetitif, Mazda Ingin Bangun Pabrik Perakitan di Indonesia

Indra Aditya - Kamis, 2 Mei 2019 | 09:00 WIB
PT Eurokars Motor Indonesia berencana membangun pabrik perakitan di Indonesia
Kompas
PT Eurokars Motor Indonesia berencana membangun pabrik perakitan di Indonesia

Otomania.com - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) berencana membangun fasilitas pabrik perakitan Mazda di Indonesia, tentunya agar tetap kompetitif dari persaingan.

Walau belum mau membocorkan kapan dan dimana pabrik tersebut akan beroperasi, tetapi menurut Roy Arman Arfandi, Presiden Direktur PT EMI, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan prinsipal mereka di Jepang.

"Kami akan melakukan study dulu ya, layaknya model apa yang dirakit di sini, volumenya harus berapa, banyak lah yang harus dipelajari," ucap Roy saat dikutip dari GridOto.com beberapa waktu lalu di Kemayoran.

"Hal-hal itu harus kami review dulu di internal, dengan principal dan pemegang saham," sambungnya.

Baca Juga : Hyundai Kona Meluncur, Lawan Sepadan Honda HR-V 1.8 dan Mazda CX-3?

Mazda6 Elite Sedan
Taufik Sanjaya/GridOto.com
Mazda6 Elite Sedan

Lebih lanjut, Roy mengatakan ada kemungkinan lain yakni bekerja sama dengan pihak ketiga, yang sebelumnya telah memiliki pabrik perakitan.

Hal ini cukup umum terjadi, misalnya saja truck FAW yang bekerja sama dengan Delima Jaya Group untuk perakitan produknya di Indonesia.

"Kami akan lihat dulu, mau bangun pabrik atau kerja sama dengan manufacturing yang sudah ada, masih kami pelajari," jelasnya.

Sebagai informasi, produk Mazda yang mengaspal di Indonesia saat ini sebagian diimpor dari negaranya asalnya, Jepang, dan sebagian lagi dari Thailand.

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di GridOto.com dengan judul Diskusi ke Prinsipal, Mazda Berencana Bangun Pabrik Perakitan di Indonesia

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X