Kalau Ibu Kota Jadi Pindah, Apakah Jakarta jadi Bebas Macet?

Indra Aditya - Rabu, 1 Mei 2019 | 18:00 WIB
Ilustrasi kemacetan di Jakarta.
Kompas.com
Ilustrasi kemacetan di Jakarta.

Otomania.com - Wacana pemindahan ibu kota diharapka Pengamat Transportasi dari Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno bisa mengurangi kemacetan di Jakarta.

"Itu harapannya," kata Djoko dikutip dari GridOto.com di Jakarta, Rabu (1/5/2019).

Lalu, kira-kira daerah mana yang pas jika dijadikan ibu kota dan bisa mengurangi kemacetan?

"Belitung yang cocok, tidak jauh dari Jakarta bahkan ada tempat rekreasi dan ada bekas tambang yang bisa termanfaatkan," ucap Djoko.

Baca Juga : Yamaha Vega ZR Anti Macet, Kalau Mau Lewat, yang Lain Dijamin Berhenti

"Engga hanya itu, toleransi masyarakat disana juga cukup tinggi. Bahkan bandaranya sudah Internasional dan lahan masih banyak yang murah," sambung dia.

Sebelumnya, rencana pemindahan ibu kota yang kemarin baru saja dibahas kembali oleh Presiden Joko Widodo merupakan bagian dari perencanaan yang mempertimbangkan kebutuhan nasional di masa mendatang.

Pembahasan yang telah dilakukan pemerintah selama tiga tahun ini, tak hanya dimaksudkan untuk kepentingan jangka pendek semata.

"Kita ini kan tidak berpikir (untuk) sekarang, (tapi) berpikir 10 tahun, 50 tahun, hingga 100 tahun yang akan datang," kata Presiden Joko Widodo melalui keterangan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Selasa (30/4/2019).

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X