Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

300 Unit Mobil Mewah Hilang Bagai Ditelan Bumi, Pejabat Ada Main?

Indra Aditya - Rabu, 13 Februari 2019 | 17:50 WIB
Toyota Land Cruiser
Toyota
Toyota Land Cruiser

Otomania.com – Hampir 300 unit mobil sedang dicari Kepolisian Papua Nugini (Papua New Guinea/PNG), mobil-mobil ini dipinjamkan kepada para pejabat yang hadir di KTT Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) digelar tahun lalu.

Armada mobil mewah terkait KTT Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Papua Nugini itu diimpor khusus agar para pemimpin dunia yang berkunjung ke negeri itu bisa berkendara dengan nyaman.

Namun, kepala kepolisian PNG pada Selasa (12/2/2019) mengatakan, sebanyak 284 unit mobil mewah itu tidak diketahui rimbanya.

Mobil-mobil yang hilang itu antara lain Land Cruiser, Ford, Mazda, dan Pajero. Kini kepolisian membentuk tim khusus untuk mencari keberadaan mobil-mobil mewah itu di ibu kota Port Moresby.

Baca Juga : Mobil Mewah Masih Nunggak Pajak, Jangan Marah Kalau Disatroni Petugas

Beruntung, mobil termahal dalam armada itu, yaitu beberapa unit Maserati yang harga masing-masing 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar, sudah ditemukan.

"Semua 40 unit Maserati dan tiga unit Bentley sudah ditemukan dan kondisinya amat baik di sebuah gudang di pelabuhan," kata Superintenden Dennis Corcoran, dari kepolisian PNG.

Menurut kepolisian, sembilan unit mobil dicuri dan sebagian lainnya dilepas suku cadangnya. Sementara beberapa lainnya dikembalikan dalam kondisi yang cukup buruk.

Para pemimpin PNG berharap dengan menggelar konferensi internasional bisa mendorong masuknya investasi dan menarik perhatian internasional terhadap negeri itu.

Baca Juga : Pantas Banyak yang Hindari Pajak, Intip Nih Jumlah Pajak Mobil Mewah

Namun, menjadi tuan rumah konferensi internasional semacam itu membebani keuangan negara, sehingga PNG membutuhkan bantuan negara lain.

Saat itu, baik media maupun para aktivis mempertanyakan langkah PNG menjadi tuan rumah ajang internasionnal semacam APEC.

Sejumlah kritikus menyebut, pembelian ratusan mobil mewah itu merupakan salah satu bentuk dari pemborosan anggaran negara.


Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Hampir 300 Unit Mobil Mewah untuk KTT Apec di Papua Nugini Raib,

Editor : Indra Aditya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa