Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bank Mandiri Gelontorkan Kredit Rp 15,9 Triliun, Untuk Jalan Tol

Indra Aditya - Kamis, 7 Februari 2019 | 17:30 WIB
Pemandangan ruas Jalan Tol Trans Jawa
Twitter.com/@jokowi
Pemandangan ruas Jalan Tol Trans Jawa

Otomania.com - PT Bank Mandiri (Persero) sebagai salah satu bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mengalami pertumbuhan kredit yang signifikan pada tahun 2018 lalu.

Kredit infrastruktur yang khususnya untuk biaya pembangunan jalan tol itu tercatat mencapai Rp 15,9 triliun.

"Per 31 Desember kemarin outstanding kami Rp 15,9 triliun. Naik signifikan," kata Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri Yusak LS Silalahi dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Yusak menjelaskan, dari jumlah itu sebagian besar disalurkan untuk pembangunan Tol Trans Jawa sekitar 60 hingga 70 persen.

Baca Juga : Selip Ban Karena Jalan Licin, Truk Box Bank Indonesia Terguling

Sedangkan sisanya digunakan untuk pembangunan beberapa ruas Tol Trans Sumatera dan Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan.

Yusak menambahkan, bahwa penyaluran kredit tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi dukungan kepada BUMN lain dalam pengerjaan proyek strategis nasional di sektor infrastruktur.

 "Di dalam pembiayaan infrastruktur kita tertarik bukan hanya karena agent of development beberapa tahun ini lahan sudah lebih clear. Tapi kita sudah ada dana talangan tanah dan lain-lain sehingga pembiayaan banking, tingkat return sudah bisa diterima," tuntasnya.

Baca Juga : Siapa Minat? Mercedes-Benz E 250 dan S 450 L Eks Rombongan IMF World Bank Dijual

Dari data resmi yang dilansir Properti.kompas.com pada tahun 2017, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Tol Tans Jawa dengan panjang 522,95 kilometer.

Dari total panjang tersebut, lahan yang harus dibebaskan seluas 4.145,15 hektar. Sedangkan dana pembebasannya mencapai Rp 17,27 triliun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mandiri Kucurkan Kredit Konstruksi Jalan Tol Rp 15,9 Triliun".

Editor : Indra Aditya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa