Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kerap Dibuat Taksi Online, Konsumen Segan Lirik Xenia-Avanza Bekas

Indra Aditya - Senin, 14 Januari 2019 | 13:30 WIB
Ilustrasi Toyota Avanza bekas
Faisal/GridOto
Ilustrasi Toyota Avanza bekas

Otomania.com – Versi anyar dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia segera meluncur, ternyata tidak berdampak signifikan pada bisnis di pasar mobkas.

Kondisi tersebut lantaran kedua nama MPV sejuta umat itu bukan lagi menjadi idola utama konsumen di Indonesia.

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, menjelaskan bila Avanza dan Xenia kini lebih dikenal sebagai taksi online dibanding sebagai mobil pribadi, terutama untuk di Jakarta.

"Seperti yang saya bilang dulu, Avanza dan Xenia banyak dicari untuk taksi online saat waktu itu mulai ramai. Penjualan bekasnya juga cukup baik, bahkan sampai ada yang berani pesan karena pedagang dulu lumayan susah carinya, setelah banyak dipakai (taksi online) dampaknya orang lihat Avanza image-nya sudah taksi online itu," ucap Herjanto beberapa hari lalu.

Baca Juga : Bukan Hanya Camry dan Avanza, Ternyata Toyota Akan Membawa SUV Baru

Menurut Herjanto, secara tren pasar di segmen mobil bekas Avanza-Xenia kini sudah menurun drastis dibandingkan tiga sampai lima tahun lalu.

Apalagi ditambah dengan para pesaingnya yang hadir menawarkan desain dan konsep baru dari MPV bawah.

Kebanyakan saat ini pasar Avanza-Xenia bekas lebih didominasi oleh konsumen mobkas di luar Jakarta, bahkan ada pula beberapa yang dari luar Pulau Jawa.

Sementara untuk konsumen di Ibu Kota sendiri sudah hampir tak lagi melirik Avanza dan Xenia.

Baca Juga : Gak Mau Kalah, New Xenia Juga Meluncur di Waktu yang Sama Dengan New Avanza

"Biasanya dulu saat mau ada model baru, pemilik Avanza dan Xenia banyak yang langsung jual supaya bisa ambil yang versi baru. Sekarang sudah beda, apalagi pilihan di kelasnya makin banyak, dan masyarakat kota juga mulai pintar pilih-pilih produk," kata Herjanto.

Turunnya pamor Avanza-Xenia juga ikut dirasakan Teddy, pemilik showroom mobkas di MGK Kemayoran.

Teddy menjelaskan selain karena image taksi online, susutnya penjualan Avanza bekas juga karena kejenuhan pasar pada desain yang tak banyak berubah.

"Kalau diperhatikan dari beberapa kali versi baru tidak banyak yang berubah, hanya tampang, headlamp, dan bagian belakang, tapi bentuk utamanya tetap seperti itu-itu juga. Sementara pesaingnya menawarkan yang lebih fresh terutama dari desain dan fitur ya," kata Teddy.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dikenal sebagai Taksi Online, Avanza-Xenia Bekas Hampir Tak Lagi Dilirik di Jakarta,

Editor : Indra Aditya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa