Hyundai Membuat Mobil Konsep Yang Rodanya Bisa Berubah Seperti Kaki

Panji Nugraha - Rabu, 9 Januari 2019 | 07:20 WIB
Hyundai Elevate mobil konsep seperti robot
Hyundai
Hyundai Elevate mobil konsep seperti robot

Otomania.com - Gimana ceritanya kalau roda mobil, bisa berubah bentuk jadi seperti kaki robot?

Imajinasi ini dilakukan oleh Hyundai lewat mobil berngaran Elevate.

Mereka mendesain mobil yang rodanya bisa berubah jadi kaki!

Dengan roda biasa, mobil memiliki keterbatasan untuk melaju di medan tidak rata seperti tangga, tebing, dan sebagainya.

Dengan memaksimalkan fungsi roda dan berubah jadi kaki, tentunya mobil akan bisa bergerak ke tempat yang tidak bisa dijangkau sebelumnya.

Memang konsep Hyundai Elevate ini terkesan aneh dan berlebihan, tapi di masa depan bisa jadi roda yang berubah jadi kaki ini berguna untuk mobil pemadam kebakaran, ambulans, hingga mobil polisi.

(Baca Juga : Sebastien Loeb Pilih Hyundai di WRC 2019, Ternyata Ini Alasannya)

Konsep ini sebetulnya bukan hal yang mustahil karena berbasis dari kendaraan penjelajah planet Mars yaitu Mars Curiosity Rover yang didesain dengan kaki untuk menembus medan planet Mars yang tidak terduga.

Saat kaki-kaki ini tidak digunakan, Hyundai Elevate akan melaju seperti biasa dengan roda berbentuk bundar dan bisa meraih kecepatan seperti biasa.

Namun saat berada di kondisi tertentu, roda tersebut berubah menjadi kaki dan membuat Hyundai Elevate bisa bergerak lebih bebas.

"Bayangkan mobil anda terjebak tiga meter dalam salju, anda tak bisa kemana-mana. Hal ini yang membuat kami membayangkan, bagaimana caranya sebuah mobil bisa keluar dari kondisi itu," ungkap David Byron, manajer desain di Sundberg-Ferrar yang bekerja sama dengan Hyundai untuk membuat konsep ini.

Sebetulnya masuk akal juga ya alasannya? Tapi yang jelas, rasanya perlu puluhan tahun lagi nih sebelum konsep Hyundai Elevate ini bisa jadi kenyataan.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X