Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tiga Minggu Pasca Banjir Bandang, Jalur Garut-Tasik Masih Terputus

Indra Aditya - Kamis, 29 November 2018 | 20:23 WIB
Jembatan penghubung Garut dan Tasik sudah 3 minggu belum selesai
Isep Heri / Tribun Jabar
Jembatan penghubung Garut dan Tasik sudah 3 minggu belum selesai

Otomania.com - Pasca banjir bandang yang sudah memasuki minggu ke-3, Satuan Kerja Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (B2PJN) Wilayah III Jawa Barat terus genjot pengerjaan jembatan sementara (bailey) pengganti jembatan Pesanggrahan yang putus.

Jembatan Pesanggrahan yang ada di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya yang menghubungkan Garut dan Tasik Selatan putus saat banjir bandang melanda kawasan tersebut, 6 November 2018.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (28/11/2018) siang, Kepala Satuan Kerja B2PJN Wilayah III Jawa Barat, Andry Irfan, mengatakan saat ini pengerjaan bailey sudah memasuki tahap pemasangan tuas jembatan di atas permukaan sungai.

"Pekan lalu pemasangan tiang pancang sudah beres, saat ini progresnya pemasangan tuas jembatan. Ini juga bisa dikatakan sebagai tahap erection bailey" kata Andry Irfan.

(BACA JUGA: Honda Jazz Amfibi, Nekat Terobos Banjir Gaya Zigzag)

Selain itu, dalam waktu dekat ini Andry Irfan mengatakan timnya akan melakukan penghancuran material jembatan Pesanggrahan yang ambruk dan masih berada di dalam sungai.

Secara teknis dalam pemasangan bailey selama ini diakui Asisten Kepala Satuan Kerja Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (B2PJN) Wilayah III Jawa Barat, Zahril, tidak menemui kendala selain kendala cuaca.

“Hujan lebat kerap turun. Arus sungai pun otomatis menjadi cukup deras sehingga berpengaruh terhadap proses pembuatan jembatan,” kata Zahri saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Aliran sungai yang cukup deras membawa serta material semisal dahan pohon dan sampah lainnya.

(BACA JUGA: Honda Brio Hantam Pipa PDAM, Bocor Sampai Terjadi Banjir Lokal)

Editor : Indra Aditya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa