Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Heran, Proyek Tol Bawen-Yogyakarta Ditolak, Ternyata Ini Alasannya

Ignatius Ferdian - Selasa, 16 Oktober 2018 | 10:00 WIB
Ilustrasi Tol Bawen-Salatiga
Kompas.com
Ilustrasi Tol Bawen-Salatiga

Otomania.com - Proyek jalan tol Bawen-Yogyakarta tidak disetujui Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah (Pansus Raperda) dan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah.

Ketua Pansus Raperda Revisi RTRW DPRD Jateng, Abdul Azis menjelaskan penghapusan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) itu sudah berdasar beberapa pertimbangan obyektif.

"Memang sangat alot, tetapi keputusannya seperti itu. Pertama pertimbangannya, tol ini posisinya ekuivalen (setara) dengan tol yang on going project, yang sudah dibangun di Semarang-Solo, Solo-Yogya," kata Abdul Azis setelah pelaksanaan sidang Paripurna di kantor DPRD Jateng, Senin (15/10).

"Kalau malam hari, kita kalau mau ke Yogya malah kalau naik bus ya pasti lewat Solo, tidak jauh-jauh amat bedanya," tambahnya.

(BACA JUGA:Asik, Sampai Akhir 2018, Pemerintah Targetkan 13 Jalan Tol Beroperasi)

Pertimbangan kedua, lanjut Azis, pemerintah harus berkomitmen dengan pengembangan transportasi massal, dalam hal ini adalah kereta api.

Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu merekomendasikan satu-satunya opsi pengembangan, disamping trase jalan nasional yang sudah ada, pada jalur Bawen-Yogya adalah rel kereta api.

"Itu (rel kereta api Bawen-Yogya) dibangun, diselesaikan secepat mungkin. Dari sisi investasinya, itu kan jauh lebih murah," ujarnya.

Konon, sebut Azis, anggaran pembangunan rel kereta api per kilometernya Rp 25-30 miliar.

Sedangkan pembangunan jalan tol bisa mencapai Rp 150 miliar.

(BACA JUGA:Duarr, Ban Pecah, Kijang Innova Menancap Ke Tanah Di Tol )

Editor : Iday
Sumber : Tribun Jateng

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa