Pemprov Jawa Barat Berencana Bangun Jalan Tol Baru, Hubungkan Bandung-Tasikmalaya

Irsyaad Wijaya - Senin, 23 Juli 2018 | 10:00 WIB
Ilustrasi jalan tol, dalam foto pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda
Dok. PT Jasamarga Balikpapan Samarinda
Ilustrasi jalan tol, dalam foto pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda

Otomania.com - Kian hari pertumbuhan mobil makin melonjak, dampaknya kemacetan yang sebelumnya hanya di Jakarta kini menjalar ke kota lain.

Salah satunya di jalur selatan Jawa Barat, lintas Bandung-Garut-Tasikmalaya.

Oleh karena itu ada rencana membangun jalan tol dari Cileunyi, Bandung, hingga Kota Tasikmalaya.

Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengatakan, pihaknya terus mendorong percepatan rencana pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) kepada Pemprov Jawa Barat dan Kementerian PUPR.

Selama ini, kemacetan dirasakan warga semakin parah di jalur arteri dari Tasik-Bandung mulai dari Kadipaten sampai Gentong dan daerah Garut.

(BACA JUGA: Dani Pedrosa Sering Podium, Tapi Enggak Pernah Juara Dunia MotoGP, Dicap Pembalap Paling Sial)

"Jalur arteri yang selalu macet parah karena sudah overload kendaraan, dan masyarakat Tasik sangat berharap adanya Tol Cigatas ini segera dibangun. Apalagi titik kemacetan di Gentong arus balik Lebaran kemarin, pengendara bisa sampai seharian terjebak di sana," jelas Yusuf

Pihaknya selama ini telah menyampaikan permasalahan kemacetan parah itu kepada Pelaksana jabatan Gubernur Jawa Barat Iriawan, belum lama ini.

Dengan adanya jalur tol tersebut, Yusuf menilai akan berdampak kepada lajunya perekonomian warga di Tasikmalaya sehingga akses ke luar kota dari Tasik melalui jalur darat akan ditempuh dalam waktu yang lebih cepat.

"Sekarang dari Tasik ke Bandung harus berjam-jam, dengan adanya tol ke sini akan sangat membantu bagi warga. Saya sekarang memohon kepada Pemprov Jabar yang memiliki akses ke pusat untuk segera merealisasikan secepatnya," tambah dia.

Mengenai kesiapan Kota Tasikmalaya, tambah Yusuf, pihaknya siap membantu dalam berbagai tahapan proses pelaksanaan pembangunan tol tersebut.

(BACA JUGA: Valentino Rossi Dapat Berkah Besar Dari Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus, Raup Untung Sampai Rp 510 Miliar)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Iday
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa