Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Ditambal, Ganti Langsung Kalau Ban Tubeless Bocornya Sudah Begini

Fedrick Wahyu - Minggu, 8 Juli 2018 | 18:00 WIB
Ilustrasi ban tubeless
MotorPlus
Ilustrasi ban tubeless

Otomania.com - Ban tubeless kini menjadi ban standar bagi pabrikan motor untuk mayoritas produk barunya.

Ban tubeless juga menjadi pilihan utama pengguna kendaraan bermotor, karena kelebihannya tidak mudah kempis saat tertusuk benda tajam seperti paku atau baut.

Jika kebocoran terjadi, solusi yang biasanya diambil adalah membawa motor ke bengkel ban untuk ditambal.

Buat yang belum tahu, ternyata ada kondisi tertentu nih, di mana ban tubeless pada motor sebaiknya tidak dipakai lagi dengan alasan keamanan.

"Kalau kebocoran menembus bagian samping atau dinding ban, sebaiknya ban diganti saja karena struktur benang cord di dalam sudah terputus," bilang Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen FDR Tire (5/7).

(BACA JUGA: Waduh, Nambal Ban Tubeless Dengan Cara Ditusuk Ternyata Bisa Bikin Ban Rusak)

Benang cord fungsinya untuk memperkuat struktur karet ban, jadi kalau sudah terputus dapat mengganggu kestabilan motor saat berkendara.

Kondisi lain di mana ban tubeless tidak dianjurkan untuk kembali dipakai adalah jika bagian yang bocor posisinya terlalu dekat dengan bagian ban yang sudah ada tambalan sebelumnya.

"Karena umumnya pengguna ban tubeless menambal dengan cara menusuk ban dari luar, sebaiknya ban jangan dipakai lagi kalau bocornya berdekatan dengan bagian yang pernah ditambal," kata Jimmy.

Meskipun kedua kondisi tersebut masih dimungkinkan untuk ditambal, sebaiknya hanya untuk sementara ya karena bahaya dapat mengintai Anda jika tidak segera diganti.

Editor : Iday
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa