Hyundai Berniat Akuisisi Perusahaan Otomotif Italia-Amerika, Fiat-Chrysler

Fedrick Wahyu - Minggu, 1 Juli 2018 | 20:30 WIB
Hyundai
Thenewswheel.com
Hyundai

Otomania.com - Dikabarkan pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai punya niatan untuk membeli Fiat Chrysler Automobiles (FCA), pabrikan Italia-Amerika Serikat.

Asia Times melaporkan CEO Hyundai Motor Group Chung Mong-Koo sedang mengamati bursa saham dengan seksama untuk menentukan waktu yang tepat mengambil alih FCA.

Pembelian itu disebut bakal terjadi dalam tempo sejak saat ini hingga CEO FCA, Sergio Marchionne, mengundurkan diri pada April 2019.

Keputusan jadwal pengunduran diri Marchionne sudah terungkap pada rapat tahunan grup pemilik merek-merek seperti Jeep, Alfa Romeo, Dodge, Fiat, dan Chrysler itu.

(BACA JUGA: Setelah Harga, Kini Gantian Spesifikasi Suzuki Jimny Baru yang Bocor)

Saat Marchionne pergi, pimpinan FCA bakal vakum. Chaiman dan pemegang saham mayoritas FCA John Elkaan dikatakan tidak tertarik menjalani bisnis otomotif, jadi merger dengan Hyundai merupakan opsi menarik.

Hyundai bisa jadi rekan potensial buat FCA yang lemah di regional Asia. Area perdagangan bebas antara Amerika Serikat dan Korea Selatan bisa menghemat biaya distribusi.

Ketertarikan Hyundai pada FCA sudah diketahui sejak tahun lalu. Namun pernyataan resmi dari kedua pihak menyangkal informasi itu.

(BACA JUGA: Pertamax Kini Rp 9.500, Pertamax Turbo Tembus Rp 10.700 Per Liter)

Marchionne pernah menyatakan niatnya agar FCA merger dengan pabrikan lain.

General Motors merupakan salah satu pabrikan yang pernah dilobi selain itu, PSA (Peugeot-Citroen) dan Great Wall (asal China) juga masuk bidikan.

Editor : Iday
Sumber : KompasOtomotif

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa