Pertamax Kini Rp 9.500, Pertamax Turbo Tembus Rp 10.700 Per Liter

Fedrick Wahyu - Minggu, 1 Juli 2018 | 13:00 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Dok. Otomotif
Ilustrasi SPBU Pertamina

Otomania.com - Bahan Bakar Minyak (BBM), khususnya Pertamax series dan Dex series mengalami kenaikan harga terhitung hari ini (1/7/2018).

Dengan kisaran antara Rp 500 sampai dengan Rp 900 per liter, dan berlaku di seluruh SPBU Indonesia.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengemukakan penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex, merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik dimana saat ini harga minyak dunia sudah mencapai 75 dolar per barel.

“Bahan baku BBM adalah minyak mentah, tentunya ketika harga minyak dunia naik akan diikuti dengan kenakan harga BBM."

"Dan patut diketahui saat ini Indonesia merupakan negara pengimpor minyak karena tidak seimbangnya antara supply dan demand, dan kecenderungan permintaan meningkat karena pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya, melalui release kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (1/7).

(BACA JUGA: Pengemudi Kurang Mahir, Suzuki Ertiga Matik Digiring Mundur dan Hantam Rumah, Bocah 8 Tahun Tewas)

Adiatma menambahkan penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex tersebut, dilakukan Pertamina sebagai badan usaha, dengan mengacu pada Permen ESDM No. 34 tahun 2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

Atas ketentuan tersebut, maka Pertamina menetapkan harga Pertamax untuk wilayah DKI dari Rp 8.900/liter menjadi Rp 9.500/liter. Sementara harga Pertamax Turbo dari Rp 10.100 menjadi Rp 10.700 per liter.

Sedangkan untuk Dex Series, ditetapkan harga Pertamina Dex dari Rp 10.000/liter menjadi Rp 10.500/liter, dan Dexlite dari Rp 8.100/liter menjadi Rp 9.000/liter.

(BACA JUGA: Terungkap, Ini Lho Penyebab Vespa Corsa 125 Dijauhin Para Mekanik Bengkel)

Adiatma menjelaskan, untuk penyesuaian harga BBM umum selengkapnya di beberapa daerah, bisa dilihat di website http://www.pertamina.com.


Editor : Iday
Sumber : Motorplus.gridoto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa