Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahaya Nih, BPTJ Temukan Banyak Angkutan Umum Lebaran Belum Penuhi Standar Keselamatan

Fedrick Wahyu - Jumat, 1 Juni 2018 | 16:00 WIB
BPTJ melakukan inspeksi pada bus-bus AKAP
Wartakota
BPTJ melakukan inspeksi pada bus-bus AKAP

Otomania.com - Mudik lebaran yang bakal terjadi beberapa hari kedepan membuat Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terus melakukan persiapan.

Dalam rangka kesiapan angkutan Lebaran, BPTJ telah melaksanakan kegiatan Inspeksi Keselamatan Angkutan Umum atau ramp check.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala BPTJ, Bambang Prihartono. Ia menjelaskan jajarannya telah melakukan prosesi ramp check terhadap sejumlah angkutan umum Lebaran pada tanggal 8 - 31 Mei 2018 kemarin.

"Lokasi ramp check meliputi 6 terminal utama," ujar Bambang dalam penjelasannya di Tangerang, Jumat (1/6/2018).

(BACA JUGA: Setelah Video Viral Kejadian di GT Kapuk, PT Jasa Marga Minta Maaf Akui Petugasnya Tak Jalankan SOP)

Di antaranya Pulogebang, Pondok Cabe, Kalideres, Baranangsiang, Kampung Rambutan dan Poris Plawad serta beberapa pool bus lainnya. Kegiatan dilakukan dengan petugas terminal dan Dishub setempat.

"Kami menemukan masih banyak armada bus angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang tidak memenuhi persyaratan keselamatan," ucapnya.

Dari 1.114 unit bus yang dilakukan ramp check, jumlah yang memenuhi persyaratan ada 485 unit atau 45%. Dan yang tidak memenuhi persyaratan keselamatan sebanyak 629 unit 55 persen.

"Unsur - unsur keselamatan yang tidak memenuhi umumnya meliputi kondisi ban, sistem penerangan, wiper serta perlengkapan tanggap darurat," kata Bambang.

(BACA JUGA: Jangan Lupa! Sebelum Ditinggal Mudik Lama Teteskan Oli ke Lubang Busi Motor, Fungsinya Penting Lho)

"Kendaraan yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan keselamatan tidak diperbolehkan beroperasi hingga dilakukan perbaikan terhadap semua aspek yang menjadi temuan," paparnya. (dik)

Editor : Iday
Sumber : warta kota

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa