Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sudah Tahu Belum, Fungsi dari Kaca Segitiga Ini?

Fedrick Wahyu - Jumat, 6 April 2018 | 17:37 WIB
Quarter glass di Toyota Kijang Innova
Dwi Wahyu/GridOto.com
Quarter glass di Toyota Kijang Innova

Otomania.com - Kalau diperhatikan, di beberapa model mobil, terdapat kaca kecil bentuk segitiga yang menempel di pilar A. Inilah yang kerap disebut dengan quarter glass.

Lalu, apa fungsi quarter glass ini? Untuk menjawabnya, perlu diketahui kalau ada dua jenis quarter glass, yakni yang bisa dibuka dan tidak bisa dibuka.

Quarter glass yang bisa dibuka biasanya dipakai pada mobil-mobil jadul alias mobil lama. Fungsinya untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin, sehingga suhu kabin bisa lebih sejuk. Quarter glass model ini biasanya dilengkapi dengan sepasang engsel.

(BACA JUGA: Menelisik Ruang Gerak Calo Tilang yang Masih Banyak di Pengadilan)

Sedangkan quarter glass yang tak bisa dibuka atau model fixed, banyak ditemui pada mobil-mobil masa kini. Tak bisa dibuka lantaran sudah ada sistem pendingin udara (AC).

Pada umumnya, pemasangan quarter glass model ini adalah untuk mengurangi blind spot pada area sekitar pilar A. Blind spot di area ini dipengaruhi oleh sudut dan ketebalan pilar A dan dasbor yang lebar.

Dengan adanya quarter glass ini, visibilitas pengemudi pada area samping depan mobil akan meningkat. Tapi tentu tak semua mobil mendapat fitur ini, terutama dengan desain pilar A kecil dan dashboard yang tak begitu makan tempat.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa