Kelak, Nego Mobil dari Balai Lelang Bisa Cukup dari Rumah

Fedrick Wahyu - Senin, 26 Maret 2018 | 15:00 WIB
Suasana lelang di IBID
Retno
Suasana lelang di IBID

Otomania.com - Jika dulu, atau mungkin sampai sekarang, orang membeli mobil bekas di pelelangan harus datang ke lokasi lelang, dalam beberapa waktu ke depan akan berubah. Lelang mobil akan masuk ke dunia digital alias via online.

Hal ini akan semakin membuka peluang bisnis di pasar lelang. Salah satu yang sudah memikirkan hal itu adalah Ibid, salah satu balai lelang di Indonesia di bawah payung Astra International. Tinggal menunggu waktu saja untuk membuka lelang online.

Daddy Doxa Manurung, Presiden Direktur Ibid-Balai Lelang Serasi, mengatakan, ini adalah amanat pemerintah lewat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Semua balai lelang diharapkan merambah dunia digital.

(BACA JUGA: Awas, Masih Ada Mafia)

“Memang pihak DJKN sudah mendorong semua perusahaan balai lelang, harus berani masuk ke online, digital tak bisa ditolak,” ujar Doxa, Rabu (21/3/2018).

Doxa memberikan contoh lelang di Jepang, di sana mereka sudah melakukannya secara digital. Tak perlu melihat barang secara fisik, cukup melihat rapornya lewat grading mobil bekas.

Contoh rapor mobil lelang di balai lelang Ibid
KompasOtomotif
Contoh rapor mobil lelang di balai lelang Ibid

“Maka dari itu kami mengembangkan yang namanya Astra Car Valuation (ACV), yang merupakan sistem inspeksi mobil bekas. Melalui sistem yang sudah dirancang, nantinya aplikasi tersebut sudah bisa menentukan grade atau rapor mobil bekas, apakah nilainya A, B, C dan seterusnya,” ujar Doxa.

(BACA JUGA: Jangan Sembarangan, Ada Waktu yang Tepat buat Ikuti Lelang Mobil)

Menurut Doxa, sistem ACV ini akan menjadi kunci balai lelang di dunia digital. Standar tersebut bakal jadi patokan tanpa harus melihat wujud fisik mobil.

"Jadi yang dari Papua misalnya, tak perlu mengirim teknisi jauh-jauh dari sana untuk ke Jakarta mengecek mobil. Hanya tinggal melihat dari penilaian tersebut," kata Doxa.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa