Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Transmisi CVT Datsun Go Cross Ternyata Lebih Canggih

Irsyaad Wijaya - Selasa, 20 Maret 2018 | 07:45 WIB
Datsun cross
F.Yosie/Otomotifnet
Datsun cross

Otomania.com – Transmisi baru tipe CVT yang ditanamkan pada crossover Datsun, yakni Go Cross diklaim baru. Hal itu karena sudah terpasang susunan sub planetary gear yang bisa memperlebar rasio kerja girboks.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Nobuyuki Kawai, Chief Vehicle Engineer Datsun Business unit, Nissan Motor Co Ltd, yang berikan perumpamaan, seperti gear depan dan belakang sebuah sepeda kayuh yang menyerupai kedua pulley di sistem CVT.

Transmisi CVT Datsun Go Cross punya sub planetary gear
kompas.com
Transmisi CVT Datsun Go Cross punya sub planetary gear

Gambarannya seperti ini, sepeda yang punya satu roda gigi di depan dan lima roda gigi di belakang. Dengan itu, bisa diatur dan punya 5-percepatan, dipilih sesuai dengan kondisi jalan, jika menanjak dikurangi ke gigi pertama dan selanjutnya.

Pun sama dengan sub planetary gear berupa komponen tambahan pada roda gigi depan, jadi jumlahnya ada dua. Jika dipadukan dengan 5 gigi belakang, sepeda jadi bertambah kecepatannya yakni 10-percepatan.

(BACA JUGA: Akankah Datsun Cross Dijejali Mesin Berkapaitas 1.600 cc?)

“Jadi lebih luas, rasionya bisa sangat rendah atau sangat tinggi. Cakupan gigi jadi lebih luas, seperti sepeda,” jelasnya.

perbandinga rasio transmisi CVT Datsun Cross
kompas.com
perbandinga rasio transmisi CVT Datsun Cross

Transmisi CVT yang ada di Datsun Go Cross miliki perbandingan Rasio 7,3:1 ini racikan terbaik untuk girboks matik. Model preium transmisi A/T 8-percepatan dipilih dengan perbandingan rasio 7,1:1.

Tipe CVT yang ada di Datsun Go Cross persis dengan yang disematkan pada Nissan March terbaru yang belum rilis di Indonesia.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa