Sudah Tahu Arti Huruf-huruf di Sekitar Tuas Transmisi Mobil Matik?

Fedrick Wahyu - Jumat, 2 Maret 2018 | 13:00 WIB
Transmisi otomatis
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Transmisi otomatis

Otomania.com - Biasanya, pada mobil dengan transmisi otomatis, ada huruf-huruf di dekat tuas sebagai simbol. Fungsinya bisa jadi semua sudah tahu, tapi apa sebenarnya singkatan dan makna dari huruf-huruf itu? 

Pada umumnya, mobil transmisi matik punya simbol huruf P, R, N, D dan L. Pada sejumlah mobil malah ada yang pakai simbol D-3, atau D-2, bahkan S.

“P atau Park ini biasanya digunakan ketika mobil dalam posisi berhenti atau sedang parkir dengan kondisi mesin mati. Tanpa menggunakan hand brake atau foot brake, transmisi ini sudah ‘mengunci’ dan mobil tidak bisa bergerak,” ujar Eddie dari Boss Matic di kawasan Bintaro sektor 9, Tangerang Selatan.

(BACA JUGA: Biaya Servis ECU Mobil yang Cukup Menyiksa)

Sedangkan R bermakna Reverse. Menurut Eddie, sama seperti transmisi manual, R itu untuk memundurkan mobil. Lalu ada N yang berarti Neutral.

“Pada posisi N atau Neutral, posisi transmisi bebas dan tidak ‘mengunci’ sehingga mobil masih bisa digerakkan atau didorong ketika parkir parallel,” ucap pria paruh baya ini.

Berikutnya D yang punya arti Drive. D atau Drive inilah yang berfungsi untuk menggerakkan mobil maju. Di beberapa mobil ada D4 atau D3, itu sama saja seperti gigi 3 atau 4 di mobil manual.

(BACA JUGA: Fungsi Rem Bukan Memberhentikan Kendaraan, Jadi Buat Apa?)

Ada juga simbol huruf S, yang artinya Sport. Biasanya, mobil-mobil Honda ada huruf ini. Saat tuas dipindah ke S, komputer akan mengatur besaran torsi dan tenaga untuk melaju lebih responsif. Fungsinya sama dengan D, tapi S akan lebih agresif.

Yang terakhir adalah L yang merupakan singkatan dari Low, “L ini sama saja seperti gigi 1 di transmisi manual, biasanya digunakan untuk menanjak dari basement atau turunan yang agak curam agar mobil tidak meluncur kencang,” ucap Eddie.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa