Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenang Pelopor Motor Jenis Skutik di Indonesia

Fedrick Wahyu - Rabu, 31 Januari 2018 | 08:45 WIB
Vespa Corsa 125
Kaskus
Vespa Corsa 125

Otomnia.com - Sepeda motor jenis skuter matik (skutik) begitu digandrungi masyarakat Indonesia saat ini. Dominasinya sangat luar biasa, sampai 1 motor teerlaris di Indonesia pun sebagian besar ada di segmen ini.

Tapi, jika ditanya, motor matik apa yang pertama kali hadir di Indonesia, belum tentu banyak orang tahu. Yamaha Nouvo, Honda BeAT atau Mio? Bukan itu. Jawabannya Vespa Corsa 125.

(BACA JUGA: Vespa Masa Kini Bisa Kalah Mahal dari Vespa Jadul)

Corsa 125 sendiri sudah sangat langka, makanya tak banyak orang tahu. Dari segi tampilan motor ini sangat mirip dengan Vespa yang kita kenal tapi bertransmisi otomatis.

Hal itu terlihat dari tak adanya pedal rem kaki, dan tuas kopling di sebalah kiri berubah fungsi menjadi tuas rem.

Vespa Corsa Skuter matik pertama di Indonesia
picssr.com
Vespa Corsa Skuter matik pertama di Indonesia

Vespa Corsa 125 ini muncul pertama kali di Indonesia pada tahun 1991 dan dihadirkan oleh PT Dan Motor Indonesia (DMI). DMI sendiri merupakan ATPM Vespa di Indonesia dengan lisensi penuh dari Piaggio Italia.

Tampilan depannya mirip Vespa New PX berlampu bulat serta lampu sein pada kedua sisi sayapnya. Jok pun didesain menyatu dengan boncengers.

(BACA JUGA: Trik Restorasi Vespa Jadul, Tak Perlu ke Bengkel Resmi dan Bisa Hemat!)

Corsa 125 ini punya keunikan yang tidak ada di skutik-skutik modern saat ini, yakni punya gigi netral. Hal tersebut membuat Corsa 125 tidak akan langsung berjalan saat handle gas ditarik.

Agar berjalan giginya harus dipindahkan dari netral terlebih dahulu, baru Corsa 125 bisa lari. Motor ini menggunakan dual starter yakni electric starter dan model starter engkol.

Mesin 2-tak 121,2 cc, berpendingin udara, mampu mengeluarkan tenaga sampai 6,87 dk. Kini, harganya tak bisa dipatok pasti, sama seperti Vespa-Vespa lainnya dengan kondisi terawat.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com,Motorplus.gridoto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa