Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Separuh Jawa Timur Bakal Terhubung dengan Ruas Tol Ini

Irsyaad Wijaya - Senin, 29 Januari 2018 | 10:40 WIB
Tol Ngawi-Kertosono
Kompas.com
Tol Ngawi-Kertosono

Otomania.com - Pemerintah terus ngebut menyelesaikan salah satu infrastruktur baru yang ada di Pulau Jawa, khususnya jalan tol. Tol yang dimaksud adalah Ngawi - Kertosono.

Targetnya, proyek panjang itu akan selesai dan diresmikan pada Februari 2018 mendatang. Total pembangunan sudah mencapai 98,5 persen, dan pada akhir Januari ini sudah mulai mematangkan segi fisik.

Proyek itu dilaksanakan oleh PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) yang merupakan anak perusahaan dari PT Jasa Marga. Namun, NJK hanya "memegang" mulai dari ruas tol Ngawi-wilangan dengan total investasi sebesar Rp 3,83 Triliun.

Saat dikonfirmasi, Iwan Moedyarno, Dirut NKJ, mengatakan bahwa semua sudah dalam tahap finishing. Mulai dari intersection dengan jalan nasional, penyelesaian gerbang tol, guardrail, rambu, patok STA, marka jalan, serta pembangunan rest area.

(BACA JUGA: Intip Mobil Listrik ITS yang Digunakan Jokowi di Tol Sumo)

Pemerintah melalui Iwan Moedyarno berharap pembangunan jalan tol Ngawi - Kertosono ini membawa perubahan untuk sektor ekonomi dalam hal distribusi daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Jalan Tol Trans Jawa, khususnya Ruas Ngawi-Kertosono diharapkan membawa peranan penting dalam peningkatan tingkat efisiensi biaya distribusi barang dan jasa," kata Iwan.

Sesuai aturan dari Presiden Jokowi, semua gerbang tol (GT) transaksinya hanya berupa non tunai, dalam hal ini kartu GTO. Itu juga berlaku bagi tiga gerbang tol yang ada di jalan tol Ngawi - Kertosono ini.

Tiga gerbang tol ini dibagi mulai GT Madiun, GT Caruban, dan GT Wilangan. Jalan Tol Ngawi - Kertosono panjangnya sekitar 87 km, terbagi atas Ngawi-Wilangan 49,5 km, lalu Wilangan-Kertosono 37 km. Untuk Wilangan-Kertosono dana ditanggung oleh Pemerintah sendiri.

Jika sudah diresmikan, berarti bahwa sekitar separuh wilayah Jawa Timur sudah terhubung. Tol Ngawi-Kertosono adalah lanjutan proyek yang sudah diresmikan sebelumnya, yakni Mojokerto-Kertosono.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa