Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Memahami Bentuk dan Cara Kerja Winglet MotoGP dalam Video

Irsyaad Wijaya - Senin, 29 Januari 2018 | 08:05 WIB
Winglet pada motor Ducati
crash.net
Winglet pada motor Ducati

Otomania.com - Ajang balap motor paling bergengsi, MotoGP, penuh akan aturan. Mulai dari rangka, mesin sampai aksesori penunjang aerodinamis juga diatur ketat. Tak terkecuali pemakaian aksesori penekan angin yang terdapat pada bodi yaitu winglet.

Aksesori ini berbentuk seperti sayap yang gunanya menambah gaya tekan ke bawah atau downforce motor. Intinya alat ini bekerja untuk menangkap angin untuk membuatnya menekan bobot motor agar tak terjadi wheelie saat kecepatan tinggi atau keluar tikungan.

Namun, penggunaan winglet pernah menjadi masalah pada 2016 lalu. Ada salah satu kasus dari tim balap Ducati yang menggunakan aksesori ini sangat berlebih hingga menonjol keluar.

(BACA JUGA: Honda Plagiat Fairing Milik Ducati di Tes Privat Sepang?)

Winglet Ducati yang mendapat protes keras
tuttosport.com
Winglet Ducati yang mendapat protes keras

Hal ini mendapat protes keras dari para rivalnya dan juga manajemen GP. Ditakutkan bisa membahayakan pembalap lain jika sedang beradu dengan jarak yang tipis.

Hasilnya pada 2017 lalu, pemakaian winglet yang berlebih tak diperbolehkan. Namun, Dorna Sport dan komisi MotoGP sebagai penyelenggara tak melarang jika mendesain ulang bentuk aksesoris itu dengan model yang lebih aman.

Akhirnya Tim asal Italia itu pun mengubah desian winglet-nya lebih ke dalam, dengan merombak juga model fairing-nya. Ternyata konsep baru yang dibuat Ducati malah banyak yang menirunya seperti pabrikan Honda, Yamaha, dan Suzuki.

(BACA JUGA: Simak Penampilan Baru Yamaha MotoGP untuk Musim 2018)

Winglet baru yang dibuat lebih sopan karena tak menonjol lagi keluar. Letaknya agak tertutup, tim Ducati mengklaim tak akan membawa dampak buruk pada pembalap lain.

Berikut video cara kerja winglet:

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa