Belum Banyak yang Tahu, Yamaha RX-King Keluar 2 Versi, Ini Perbedaannya

Irsyaad Wijaya - Selasa, 23 Januari 2018 | 08:05 WIB
RX-King 2003 full ori
Danu Susilo
RX-King 2003 full ori

Otomania.com - Apakah Anda tahu kalau Yamaha Rx-King keluar dalam dua versi? Pertama berjuluk RX-king Cobra dan satunya bernama RX-king Master.

Motor berjenis 2-Tak ini terkenal sangat kencang larinya. Tetapi juga punya citra negatif di masyarakat terutama karena suara knalpotnya yang bising dan juga terkenal dengan sebutan "motor copet".

Untuk membedakan kedua jenis RX-King ini memang cukup sulit, karena dari segi bodinya sama persis. Komponen lainnya pun juga tak ada bedanya, mulai dari sokbreker, lampu, sampai tangki.

Sejarah singkatnya RX-King hadir di Indonesia pertama kali pada 1983 dengan julukan RX-King Cobra. Jenis ini bertahan selama 10 tahun, Karena melihat pasar yang tertarik akhirnya Yamaha mengeluarkan pembaruan yang bernama RX King Master.

(BACA JUGA: Yamaha RX King Makin Mahal dan Dicari)

Sang Master keluar pada tahun 1995 di Indonesia dengan desain dan teknologi yang lebih maju dari sebelumnya.

Nah, untuk membedakan kedua jenis RX-King ini cukup simpel, yaitu bisa dilihat di STNK atau langsung pada blok mesinnya. Perbedaannya pada kode mesinnya, RX-King Cobra berkode mesin Y1 atau Y2, sedangkan RX-King Master memiliki kode Y1-74.

Tetapi untuk varian RX-king Cobra banyak yang bilang lebih spesial daripada RX-King Master. Pasalnya seri Cobra mesinnya asli rakitan Jepang atau bisa dikatakan CBU (built up).

RX-King Cobra
Awank/google.plus
RX-King Cobra

Perbedaan lainnya terlihat dari tampilan luarnya, RX-king Master punya desain lebih modern seperti stiker yang sederhana dari pada jenis Cobra yang masih terlihat klasik.

(BACA JUGA: Suku Cadang RX King Aman Sampai 2019)

Yamaha RX-King Master
Yamaha
Yamaha RX-King Master

Selanjutnya pada bagian pijakan kaki belakang untuk penumpang di seri Cobra masih menyatu dengan swingarm, sedangkan versi Master sudah terpisah.

Perbedaan lainnya pada desain bak kopling dan magnet versi Cobra sama dengan RX-K. Sedangkan desain bak kopling dan magnet versi Master sama dengan RX King Cobra.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa