Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Disorot Soal Pajak oleh Gubernur DKI, Pemilik Ferrari Angkat Bicara

Donny Apriliananda - Minggu, 14 Januari 2018 | 10:00 WIB
Gubernus Anies Baswedan berikan pengumuman mengenai tunggakan pajak mobil mewah warga Jakarta
kompas.com
Gubernus Anies Baswedan berikan pengumuman mengenai tunggakan pajak mobil mewah warga Jakarta

Otomania.com - Ketua Dewan Pembina Ferrari Owner Indonesia Club (FOCI) Ahmad Sahroni menyesalkan pernyataan Gubernur Anies Baswedan yang menyebutkan Ferrari dan Lamborghini sebagai contoh jenis kendaraan yang menunggak pajak.

Sahroni menekankan, data BPRD DKI menunjukkan jumlah kendaraan mewah lain yang menunggak pajak lebih banyak. Dia bahkan mempersilakan untuk mengecek langsung para penunggak pajak mobil Ferrari yang diklaim sangat sedikit.

“Kok malah fokus ke pajak Ferari dan Lamborgini yang hanya beberapa unit, tidak sebanding dengan kendaraan lain yang unitnya puluhan," kata Sahroni dalam keterangan tertulis, (14/1/2017).

(Baca Juga: Data Tunggakan Pajak Mobil Mewah di DKI Jakarta)

Sahroni mengingatkan Anies agar tak sekedar mengkritisi pajak mobil mewah namun semua kendaraan berpelat nomor B. Menurutnya, dibanding dengan kendaraan jenis lainnya, Ferrari dan Lamborgini yang beredar di Jakarta jumlahnya sangat sedikit, tak lebih dari 300 unit.

Dalam kesempatan yang sama, Sahroni mengingatkan Anies untuk tak melupakan persoalan kemacetan akibat membludaknya peredaran mobil di Jakarta.

“Jangan hanya mikirin pendapatan pajak dari mobil mewah. Tidak sebanding dengan anggaran APBD DKI, masih banyak urusan lain yang lebih besar. Jangan cuma urusin mobil yang kecil,” ujarnya.

Sebelumnya Anies menyatakan bahwa berdasarkan data Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, tahun lalu penunggak pajak kendaraan roda empat di Jakarta sebanyak 694 ribu unit atau 30 persen dari total 2,3 juta unit.

(Baca Juga: Harga Mobil Mewah 3 Kali Lipat Banderol Asli Karena Pajak)

Untuk kendaraan roda dua dan tiga, penunggak pajak sebesar 3,3 juta unit dari total 7 juta unit. Total pajak yang belum dibayar dari semua jenis kendaraan bermotor mencapai Rp1,7 triliun.

Jumlah itu tentu jauh lebih besar dari tunggakan pajak 1.293 unit mobil mewah per Desember 2017 sebesar Rp 44,9 miliar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa