Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pahami Modifikasi yang Tak Bikin Hangus Garansi

Donny Apriliananda - Minggu, 14 Januari 2018 | 09:30 WIB
Kontes modifikasi Yamaha yang diawali submit di www.customaxiyamaha.com
Yamaha Indonesia
Kontes modifikasi Yamaha yang diawali submit di www.customaxiyamaha.com

Otomania.com - Memodifikasi sepeda motor memang menyenangkan, sepanjang tidak menghilangkan berbagai kelengkapan berlalu lintas. Tapi jangan terlalu liar, karena bisa saja garansi pabrikan hilang.

Sebagai agen pemegang merek, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali mengingatkan soal ini. Saat garansi yang berlaku 3 tahun itu hilang, pemilik motor tidak bisa mengajukan perbaikan atau pergantian gratis jika motor mengalami masalah.

GM Aftersales and Public Relation YIMM Muhammad Abidin menjelaskan batasan modifikasi yang bisa menghilangkan garansi, yakni perombakan mesin maupun bagian lainnya yang berdampak terhadap kinerja.

Contohnya, mengubah rangka atau suspensi. Modifikasi suspensi peredam kejut ganda (dualshock) menjadi model tunggal (monoshock), bisa berdampak pada mesin.

(Baca Juga: Aturan Modifikasi dari Kepolisian, Cek Mana yang Dilarang)

Perubahan suspensi ini bisa mengubah stress point atau bagian yang tertekan dari rangka motor. Seperti halnya pada motor matik.

Sebuah Yamaha Aerox yang sudah dimodifikasi menjadi monoshock.
Dipo Motorsport
Sebuah Yamaha Aerox yang sudah dimodifikasi menjadi monoshock.

Motor matik yang dibuat double rear shock absorber tidak dirancang untuk gerak bebas ke kiri dan ke kanan. Karena mesin dan roda motor matik berperan juga sebagai rear arm. Sehingga perubahan suspensi bisa menimbulkan efek pelintir yang berisiko memberi tekanan lebih ke crankcase mesin.

"Jadi dampak perubahan tersebut menjadi tanggungjawab konsumen dan pemodifikasinya. Risikonya tentunya tidak bisa di-cover oleh garansi pabrikan," kata Abidin, Jumat (12/1/2017).

Abidin menambahkan, perubahan pada motor yang masih ditoleransi untuk tetap bisa mendapatkan garansi adalah yang tidak berdampak terhadap perubahan bentuk dan kinerja mesin. Contohnya pergantian jok ataupun dan ban sesuai ukuran standar pabrik.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa