Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

4 Cara Mudah Cek Kondisi AC Mobil Masih Baik atau Tidak

Dok Grid - Senin, 5 Februari 2024 | 10:39 WIB
AC mobil
ponsulak
AC mobil

Otomania.com - AC mobil yang digunakan dengan intensitas tinggi seperti di negara tropis, punya potensi mengalami kerusakan yang cukup tinggi. Itulah kenapa, disarankan rajin mengecek kondisinya, paling tidak setahun sekali.

Tapi sebelum ke bengkel, kita bisa cek sendiri kondisi AC mobil, apakah masih prima atau sudah harus "opname". Dan ini sebenarnya cukup mudah.

Berikut empat cara mengecek kondisi AC mobil dengan mudah:

1. Cek Kebocoran Di Selang AC

Kebocoran sistem AC ini terkadang tidak terasa sampai pelumasnya habis dan membuat kompresor macet.

Jika ini terjadi, cukup cek sambungan-sambungan selang AC dan cek apa ada noda oli. Jika sambungan masih baik maka akan bersih dari noda semacam itu.

Baca Juga: Akhirnya Tahu, Ternyata Inilah Penyebab Air AC Mobil Menetes di Kabin

2. Cek Kipas Utama Dan Kipas Ekstra

Periksa kipas utama dan kipas ekstra mesin, jika semuanya menyala berarti AC masih baik-baik saja. Jika mati maka segera perbaiki karena AC memiliki komponen seperti radiator yang perlu didinginkan.

Untuk mobil dengan kipas yang tersambung ke puli, cukup pastikan masih berfungsi baik. Kalau sudah diganti tipe visko, lebih baik cek kekentalan oli di dalam kipas masih baik atau tidak.

3. Cek Ketersediaan Freon AC

Untuk mengecek ketersediaan freon cukup dengan mengecek lubang kaca kecil di dekat kompresor AC. Apabila bening artinya masih penuh sedang kalau muncul busa putih berarti sistem kekurangan freon.

Dan jika freon benar-benar habis maka kaca pemantau juga terlihat bening. Biasanya saat freon habis, kompresor tak akan menyala dan embusan AC tidak dingin.

Baca Juga: Perlukah Mematikan AC Mobil Sebelum Mesin Dimatikan? Ini Penjelasannya

4. Cek Embusan AC

Cara mengeceknya cukup nyalakan AC di posisi paling kencang. Kemudian rasakan udara keluar tanpa terhambat atau tidak. Bila iya, berarti ada sumbatan di filter atau evaporator.

Itulah 4 cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi AC mobil. Dengan menjaga kondisi AC mobil secara rutin, dapat memastikan kenyamanan perjalanan serta menjaga performa AC agar selalu optimal.

Posted : Senin, 5 Februari 2024 | 10:39 WIB| Last updated : Senin, 5 Februari 2024 | 10:39 WIB

Editor : optimization

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa