Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenapa Indonesia Menganut "Aliran" Setir Kanan?

Donny Apriliananda - Jumat, 29 Desember 2017 | 08:23 WIB
Bobot setir terlalu ringan
Bobot setir terlalu ringan

Otomania.com - Ketika kita melihat mobil dengan konfigurasi setir kiri, kadang ada rasa heran, aneh, sekaligus takjub. Karena memang kita sudah terbiasa melihat roda kemudi ada di sebelah kanan sejak zaman old.

Seperti kita ketahui, di dunia ni ada dua "aliran" posisi setir dan standardisasi dalam lalu lintas. Pertama, left-driving (left hand side drive), dan kedua, right-driving (right hand side drive).

Left-driving berarti sistem berkendara di mana pengemudi menggunakan lajur kiri jalan untuk berkendara, hal ini mengharuskan posisi setir atau kemudi berada di sebelah kanan.

(Baca Juga: Pembuat Kapal Laut Itu Kini Mengenang Sejarah)

Right-driving adalah sistem di mana pengemudi menggunakan lajur kanan untuk berkendara yang mengharuskan posisi setir atau kemudi berada di sebelah kiri.

Nah, Idonesia menganut aliran left-driving dengan setir kanan, dan ternyata memiliki sejarah panjang. Penjajahan di Indonesia menjadi cikal bakal mengapa negara kita menganut konsep berkendara di kiri.

Dulu, saat menjajah Indonesia, Belanda adalah salah satu negara yang menganut posisi setir di kanan, lalu diikuti oleh Indonesia. Tapi, di Belanda akhirnya menganut setir kiri karena dikalahkan Perancis di Perang Dunia ke-II.

(Baca Juga: Perang Motor Sport, Honda CB150R Asapi Yamaha V-Ixion)

Kendati demikian, konsep setir kiri tidak diikuti oleh Indonesia karena usai Belanda hengkang, Jepang datang untnuk menjajah Indonesia.

Negara Matahari Terbit ini pun juga menjadi salah satu negara yang menganut setir kanan, dan mobilnya banyak berseliweran di Indonesia.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa