Arti dan Manfaat Memakai Ban berjenis "Eco"

Irsyaad Wijaya - Kamis, 28 Desember 2017 | 07:38 WIB
Bridgestone Ecopia
Bridgestone Ecopia

 

Otomania.com - Akhir-akhir ini berkembang banyak sekali jenis ban yang menggunakan slogan ramah lingkungan, Salah satunya ada ban yang berjenis "Eco". Jika Anda termasuk pribadi yang memberi orientasi pada kehematan bahan bakar, maka memilih ban eco atau ecotyre adalah langkah terbaik. Namun, apakah Anda tahu arti dan maksud dari ban "eco" itu sendiri?

Eco bisa diartikan macam-macam, Mulai dari bahan baku ramah lingkungan, pola tapak yang mampu mereduksi hambatan gelinding hingga akhirnya menekan konsumsi bahan bakar, atau bisa juga dengan membuat ban mampu bertahan lama dan mengurangi pengambilan bahan baku dari karet.

Atau dengan sederhananya ban eco itu berguna untuk menekan konsumsi bahan bakar mobil. Caranya dengan punya rolling resistance (hambatan gulir, Red) yang lebih rendah dibanding ban konvensional. Karena hambatan gulir ban ke aspal rendah, mobil jadi lebih mudah melaju sehingga kerja mesin makin ringan.

(BACA JUGA: Perang Teknologi, Hyundai Siapkan Amunisi Ini Pada Mobil Barunya)

Ban Eco
Ban Eco

Untuk punya rolling resistance yang rendah, beragam cara dilakukan produsen ban. Salah satunya dengan mencampur kaca pada ban, namun Tenang, yang dimaksud adalah silika atau kandungan dominan dari kaca.

Ban eco punya lebih banyak kandungan silica pada thread compound atau area telapak ban. “Dengan kandungan silica lebih banyak, ban diharapkan lebih mudah menggelinding dan tidak terlalu memberikan rolling resistance yang besar saat dipakai berkendara,” ujar Zulpata Zainal, Proving Ground Manager PT Bridgestone Tire Indonesia.

Zulpata menambahkan, spesifikasi kaca itu licin saat dipegang, jadi ban diharapkan lebih mudah saat bergulir di jalan.

(BACA JUGA: Ingin Jas Hujan Awet? Begini Cara Rawat dan Menyimpannya)

Tapi tenang, ban yang dibuat lebih 'licin' ini, dijamin tetap aman saat dipakai saat hujan, karena sudah menggunakan teknologi tinggi.

bagaimana sekarang paham arti "eco" pada jenis ban?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa