Toyota Land Cruiser FJ 40 Penyuntik Semangat Ketua DPRD DKI

Irsyaad Wijaya - Kamis, 14 Desember 2017 | 12:40 WIB
Toyota FJ40 1977 kanvas
Toyota FJ40 1977 kanvas

Otomania.com – Prasetyo Edi Marsudi, Ketua DPRD DKI Jakarta mempunyai kecintaan terhadap otomotif khususnya mobil jeep lansiran lawas FJ 40. Meski sibuk melayani rakyat, namun dia tak lupa dengan hobinya.

Kegiatan paling digemarinya saat ini adalah merestorasi mobil, sekaligus penyambung semangat saat lelah dengan rutinitas kerja.

(BACA JUGA: Mitos Atau Fakta: Matikan AC Dulu Sebelum Menyalakan Mesin)

“Ibarat baterai handphone saat lowbatt, harus di charge. Kalo saya lagi capek dan banyak pikiran, begitu saya memandangi dan menikmati mobil ini, entah kenapa seperti ada suntikan energi baru," tutur pria yang juga mantan pebalap dan punggawa tim Banteng Motorsport ini.

interior FJ40
interior FJ40

Prass86, kode untuk sapaan akrabnya, memilih Toyota Land Cruiser FJ40 kanvas keluaran tahun 1977 yang didapat dari sahabatnya.

Prass mendapatkannya dalam kondisi lumayan bagus, namun perlu sedikit restorasi bagian detail dari tangan Pakde Bei Budiono, yang dipercaya menyulapnya menjadi sempurna.

Bukan tanpa kendala dalam merestorasi, sebab berburu part orisinil di Jakarta sangatlah susah. Mulai dari stop lamp, mata kucing, karet-karet bodi hingga karburator semua didapat dalam kondisi NOS (New Old Stock) dengan rasa sabar.

kepet karet bersimbol Toyota jepang
kepet karet bersimbol Toyota jepang

Suku cadang yang menjadi daya tarik adalah karet bumper belakang dan "kepet" yang berkelir merah. Sebab ada simbol Toyota dalam tulisan Jepang.

Selain itu, antena orisinal yang menempel disisi kiri pilar A, diakui cukup sulit didapatkan. Namun dengan kesabarannya, mengumpulkan part langka itu terbayar dengan hasil restorasi yang memuaskan.

Sekarang setelah pulang kerja Pras mempunyai obat penyegar sekaligus enegi baru dengan memandang FJ40 miliknya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa