Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Telisik Harga Pasaran Land Rover Defender Lawas

Donny Apriliananda - Rabu, 8 November 2017 | 17:50 WIB
Tiga model edisi spesial Land Rover Defender, disiapkan untuk menutup produksi di 2015.
Land Rover/Carscoop
Tiga model edisi spesial Land Rover Defender, disiapkan untuk menutup produksi di 2015.

Otomania.com - Land Rover Defender naik permukaan lagi sejak Presiden RI Joko Widodo menumpanginya saat meresmikan ruas tol Becakayu, belum lama ini. Mobil ini merupakan salah satu produk ikonis dari negeri Ratu Elizabeth, Inggris, mulai diproduksi 1983 hingga 2016.

Di Indonesia sendiri cukup banyak penggemar mobil lawas yang awalnya banyak dipesan untuk kebutuhan di sektor perkebunan dan pertambangan ini. Nah, mobil yang ditumpangi oleh Jokowi merupakan milik seseorang kolektor, modelnya pikap single cabin diproduksi 1989.

Jika menilik harga jual di situs-situs jual beli mobil online, harga pasaran Landy (sebutan Land Rover Defender) tak ada patokan. Karena ini mobil hobi, harga pun bisa dipasang suka-suka.

Baca: Biaya Restorasi

Presiden Jokowi menumpang Land Rover Defender County 110 pick up.
Kompas.com
Presiden Jokowi menumpang Land Rover Defender County 110 pick up.
Kisarannya Rp 100 juta hingga nyaris mendekati Rp 2 miliar, tergantung tahun pembuatan dan kondisi barang. Kebanyakan Land Rover Defender produksi tahun 1990-an masih dibanderol pada kisaran harga Rp 150-400 juta.

Harga semakin mahal untuk tahun produksi 2000-2010, yakni mencapai kisaran Rp 700 juta hingga Rp 1 miliar. Untuk produk tahun 2010-an ke atas, hampir seluruhnya sudah dibanderol di atas Rp 1 miliar. Untuk produk keluaran terakhir dibanderol pada kisaran harga Rp 1,7-1,9 miliar.

Menjelang penghentian produksinya, Jaguar Land Rover (JLR) selaku produsen Defender sempat meluncurkan tiga edisi terakhir sebagai salam perpisahan pada 2015 silam, masing-masing The Autobiography Edition, The Adventure Edition, dan The Heritage Edition.

Saat itu, The Autobiography Edition dibanderol dengan harga 61,845 poundsterling atau setara Rp 1,09 miliar untuk kurs saat ini.

Untuk The Adventure Edition dibaderol dengan harga 43,495 poundsterling atau setara Rp 771 juta. Sedangkan The Heritage Edition dibanderol seharga 27.800 poundsterling atau setara Rp 492 juta.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa