Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren Ion Generator pada Kabin Mobil, Asap Rokok pun Bisa Dinetralisir

Donny Apriliananda - Rabu, 8 November 2017 | 17:30 WIB
Nanoe ionizer
Nanoe ionizer

Otomania.com - Tren yang mungkin akan lebih berkembang lagi adalah teknologi pengusir bau tak sedap dalam kabin mobil. Saat ini, ada ion generator pada nanoe yang menjadi cara paling modern membuat udara kabin segar lagi.

Prinsipinya, nanoe menciptakan ion-ion berukuran nano untuk menetralisir udara di kabin. Kalau kata Iwan Abdurahman, echnical & Warranty Department Section Head PT Toyota Astra Motor ada kemampuan khusus dari sistem ini.

"Adanya komponen aktif hydroxyl radicals, selain membuat udara lebih bersih diklaim juga mampu membunuh bakteri dan virus,” ujar Iwan.

Baca: Ubah Kabin BMW X3 Jadi Ruang Redaksi

Selain nanoe yang dikembangkan oleh Panasonic, ion generator juga hadir pada teknologi plasmacluster yang biasa ditemukan pada alat-alat elektronik buatan Sharp.

"Prinsip kerjanya sama saja, ion positif dihembuskan dari sebuah modul yang ditempatkan di saluran udara AC, dan kemudian dihembuskan ke kabin," ucap Iwan.

Dia menambahkan, ion tersebut membuat udara di kabin terasa lebih segar untuk penumpang. Selain udara lebih bersih, sistem tersebut juga ampuh mengusir bau tidak sedap, bahkan bau asap rokok sekalipun.

Lalu apakah ion generator ini bisa rusak? “Tentu saja bisa rusak, cuma belum menemukan yang rusak, paling kalau rusak karena usia pakai,” ujar Iwan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa