Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biaya Restorasi "Defender Jokowi" Tembus Seperempat Miliar Rupiah

Donny Apriliananda - Senin, 6 November 2017 | 07:05 WIB
Presiden Jokowi naik mobil off road Land Rover Defender County saat meninjau ruas jalan tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017).
Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan
Presiden Jokowi naik mobil off road Land Rover Defender County saat meninjau ruas jalan tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017).

Otomania.com - Saat meresmikan Tol Becakayu, beberapa hari lalu, Presiden RI Joko Widodo menumpangi Land Rover Defender kinyis yang rupanya hasil restorasi. Biaya untuk membangunnya tembus Rp 250 juta.

Mobil itu dikenal sebagai Defender 110 County yang diproduksi pada 1989, keluaran pabrikan asal Inggris, Land Rover, Pemiliknya adalah penggemar off-road bernama Rusdi.

Jauh sebelum ditumpangi Jokowi, mobil ini masuk bengkel dan diperbaiki selama sekitar 1,5 tahun di bengkel custom Casablanca Works di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur.

"Habisnya di Rp 250-an (juta) lah," ujar builder Casablanca Works, Iwan Kurniawan, dikutip dari KompasOtomotif, Minggu (5/11/2017).

Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo saat masih belum diperbaiki.  Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.
Iwan Kurniawan
Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo saat masih belum diperbaiki. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.

Biaya sebesar itu lebih banyak habis digunakan untuk suku cadang yang menggunakan produk after market dari Land Rover.

Baca: Presiden Jokowi Tunggangi Land Rover Defender Lawas di Atas Becakayu

Di antaranya shock absorber dan kaki-kaki dari Terra Firma. Sedangkan cat menggunakan merek Dupont. Cat biru muda dipilih karena warna ini merupakan warna asli dari mobil tersebut.

Seluruh suku cadang didapat di dalam negeri, kecuali ban Super Dumper yang disebut Iwan tak dijual di Indonesia. Untuk sektor mesin, Iwan menyebut mesin yang digunakan adalah mesin orisinil, hanya diganti kabel-kabelnya.

Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo waktu masih dalam proses perbaikan.  Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.
Iwan Kurniawan
Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo waktu masih dalam proses perbaikan. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.

Land Rover Defender 110 County milik Rusdi merupakan produk peralihan dari Land Rover Series III dengan Defender.

Mobil ini memiliki sistem gerak roda 4x4, dengan dimensi jarak sumbu roda 2.794 mm, panjang 4.599 mm, serta lebar 1.790 mm. Sementara jantung pacu menggunakan mesin bensin 2.500 cc dengan transmisi manual 5-percepatan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa