Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seputar Perbaikan Bemper Penyok dengan Air Panas

Donny Apriliananda - Kamis, 26 Oktober 2017 | 18:05 WIB
Teknik reparasi bodi plastik penyok pakai air panas
youtube.com
Teknik reparasi bodi plastik penyok pakai air panas

Otomania.com- Bumper mobil menjadi komponen yang rawan rusak. Material plastik yang lentur membuatnya mudah penyok saat terbentur mobil lain atau mengenai benda lain.

Mitos yang berkembang, untuk mengembalikan ke posisi semula, ada teknik membetulkan bemper plastik yang hanya bermodalkan air panas.

Kepala Bengkel Mitsubishi Authorized Bodi & Cat PT Lautan Berlian Utama Motor Palembang Kondi Suhendi, mejelaskan cara tersebut memang bisa digunakan sebagai alternatif karena faktor biaya yang murah.

"Cara itu memang tradisional untuk perbaiki bodi yang penyok. Tapi harus diingat, air panas hanya digunakan untuk bumper saja, karena materialnya plastik," ucap Kondi, beberapa waktu lalu.

Meski mudah dan murah, namun Kondi mengingatkan ada efek buruk dari menyiram air mendidih ke bodi plastik. Bahakan bisa lebih parah bila yang mengerjakan bukan tenaga ahli atau orang yang sudah terbiasa melakukannya.

"Air panas memang bisa mengembalikan bodi plastik yang penyok, tapi hasilnya tidak akan sempurna. Selain itu bila terlalu panas juga bisa membuat cat bodinya justru mengelupas, begitu juga saat kena mika lampu bisa bikin warnanya berubah, tidak jernih lagi," kata Kondi.

Menurut Kondi, hasil paling sempurna membetulkan bodi plastik yang penyok dilakukan menggunakan heat gun. Metodenya dipanaskan dari luar lalu secara berlahan ditarik hingga lekukan bumper akan kembali ke posisi semula.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa