Becak Motor Bakal Makin Banyak di Yogyakarta

Donny Apriliananda - Senin, 9 Oktober 2017 | 12:00 WIB
Becak motor di Yogyakarta
Becak motor di Yogyakarta

Otomania.com -Becak motor (betor) bakal makin banyak di Yogyakarta. Pasalnya, Kapolda Yogyakarta Brigjen. Pol. Drs Ahmad Dofri meminta secara khusus kepada Lulut Wahyudi, Direktur Kustomfest, agar bisa memberikan solusi atas polemik becak motor alias bentor di Yogyakarta.

Betor dianggap sebagai alat transportasi yang menghadirkan lapangan pekerjaan dan membantu perekonomian warga, meski dinilai tidak aman buat keselamatan jalan raya.

Seperti diketahui, becak motor merupakan sepeda motor yang telah dimodifikasi menjadi seperti becak, dua roda di depan dan satu di belakang. Namun, modifikasi yang dilakukan warga kerap dinilai tidak mengikuti sektor keselamatan jalan raya hingga tidak laik jalan.

Kustomfest merupakan tempat berkumpulnya para jago modifikasi, dan Lulut merupakan builder senior yang langganan bikin karya. Inilah yang diparesiasi Kapolda.

“Oleh karena itu ini tentunya ini pekerjaan rumah buat mas Lulut. Mas lulut bisa mendesain, bagaimana nanti ke depan di Yogyakarta itu ada standarnya yang bagus. Kemudian dari teknologi dan mesin, lolos dan layak dipergunakan sebagai angkutan umum,” kata Ahmad di konferensi pers usai pembukaan Kustomfest 2017, Sabtu (7/10/2017).

Ahmad mengatakan tetap menginginkan ada becak motor yang bisa dijadikan ciri khas Yogyakarta tetapi desainnya mengikuti aturan.

“Sampai dengan sekarang masalah becak itu selalu menjadi ‘ribut-ribut’, ada yang mendukung dan tidak. Tapi dari kepolisian melihat sisi keselamatannya,” ucap Ahamd.

“Mungkin nanti mas lulut bisa berkontribusi, paling tidak mendesain seperti apa bentuknya, baru nanti bekerja sama dengan para stakeholder, bisa menciptakan nanti becak motor atau apalah namanya nanti terserah, tapi dari sisi keamanan dan keselamatan terjamin,” ujar Ahmad.

Bagaimana Mas Lulut?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa