Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren MPV Kaki Jenjang Bak SUV

Donny Apriliananda - Senin, 9 Oktober 2017 | 08:02 WIB
Ground Clearance
Ground Clearance

Otomania.com - Tren ciri khusus groud clearance yang tinggi ternyata tak hanya dipunyai mobil jenis sport utility vehicle (SUV) saja. Saat ini juga banyak beredar mobil-mobil multi purpose vehicle (MPV) terbaru yang memiliki kaki jenjang seperti SUV.

Dikutip dari KompasOtomotif, Styling Design Section C&A Planning and Design Department Product Planning and Development Division Toyota Astra Motor (TAM) Akbar Juniarto menjelaskan bahwa MPV baru saat ini banyak dibangun dengan ground clearance tinggi seperti SUV.

"Biasanya SUV di atas 200 mm, tapi saat ini MPV juga banyak (ground clearance tinggi) karena tuntutan daya angkut tujuh orang dan faktor jalan. Jadi jangan salah untuk membedakan mana SUV mana MPV, apalagi saat ini SUV juga ada yang tujuh penumpang," ucap Akbar.

SUV, lanjut Akbar, memang memiliki kaki-kaki tangguh. Namun sebenarnya bukan hanya dilihat dari ground clearance saja, tapi ada faktor identik lain yang bisa menjadi bahan perbandingan dengan MPV berkaki jenjang.

"Coba dilihat dari profil ban. SUV itu selalu pakai dimensi besar dan tebal, beda dengan MPV. Jadi meski ukuran pelek sama, contoh MPV pakai 15 SUV juga 15, tapi profil ban yang digunakan pasti beda. SUV lebih gemuk," kata Akbar.

Hal lain yang juga bisa membedakan SUV dan MPV adalah penempatan ban cadangan. Umumnya ban cadang SUV diletakan di belakang, atau menggantung di pintu bagasi dan kerap diistilahkan dengan "konde". Namun semakin modern, memang konsep ini juga makin ditinggalkan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa