Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bisakah Aki Motor Buat Menyalakan Mobil?

Febri Ardani Saragih - Senin, 2 Oktober 2017 | 09:31 WIB
Aki motor bisa digunakan untuk menyalakan mesin mobil.
Febri Ardani/Otomania.com
Aki motor bisa digunakan untuk menyalakan mesin mobil.

Jakarta, Otomania.com – Pertanyaan yang bisa bikin orang penasaran, apakah aki di sepeda motor bisa digunakan untuk menyalakan mobil? Ternyata jawabannya bisa, tapi ada syaratnya.

Pada sistem kelistrikan kendaraan, aki bertugas menyuplai tenaga listrik buat menyalakan motor starter. Energi yang dibutuhkan yaitu arus dan voltase, angkanya berbeda-beda tergantung kendaraan.

Kemampuan aki biasanya ditentukan satuan Ah (ampere hour) atau lebih spesifik lagi CCA (Cold Cranking Amps). Catatannya, spesifikasi tertulis CCA tidak selalu bisa dijumpai pada aki yang ada di dalam negeri.

Baca: Kenali Usia Ideal Pemakaian Aki Mobil

Menurut penjelasan Sarwono Edhi, Technical Service Training Development Astra Honda Motor, buat menyalakan motor starter mobil pada umumnya membutuhkan spesifikasi 30 Ah (12 Volt). Sementara itu, aki motor yang beredar di pasaran punya kemampuan 3,5 – 6 Ah.

Spesifikasi aki motor buat menyalakan mesin mobil, CCA (Cold Cranking Amps)
Febri Ardani/Otomania.com
Spesifikasi aki motor buat menyalakan mesin mobil, CCA (Cold Cranking Amps)

“Jika kapasitas dan voltase aki cukup, maka bisa juga untuk menghidupkan mobil atau truk. Untuk aki motor paling besar 10 – 20 Ah, misalnya di Honda Goldwing itu 20 Ah,” kata Sarwono, Rabu (27/9/2017).

Meski begitu, kini sudah mulai banyak produk aftermarket di pasaran yang diklaim punya kemampuan menyalakan mobil. Alasannya, walau angka Ah sama seperti aki motor pada umumnya, aki aftermarket ini punya angka CCA yang tinggi. Semakin tinggi CCA maka kemampuannya untuk menyalakan mobil semakin besar. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa