Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tampilan SIM Bakal Diubah

Aditya Maulana - Kamis, 28 September 2017 | 09:35 WIB
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)
Kompas.com/Oik Yusuf
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

Jakarta, Otomania.com - Demi meningkatkan keamanan, Korlantas Polri dalam waktu dekat akan mengubah tampilan surat izin mengemudi (SIM). Bahkan, perubahan sistem input data juga dibedakan.

Dijelaskan Staff ahli Konsultan IT Korlantas Polri Nanang Risma, SIM sekarang juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan, sehingga sulit dimanipulasi oleh pelaku kejahatan.

"Desain SIM baru nantinya data utama pada SIM dipindah melalui chip dan bisa dibuka melalui ponsel melalui aplikasi khusus," kata Nanang seperti dilansir laman NTMCPolri, Kamis (28/9/2017).

Perubahan itu nantinya diketahui akan dibarengi dengan pembuatan aplikasi ‘IVENTORY’ kartu SIM. Aplikasi itu ditempatkan pada tingkat pusat dan tiap Polda agar memudahkan dan mengetahui perhitungan persediaan material SIM secara cepat guna mengantisipasi dari kehabisan meterial.

Baca juga: Simak Biaya Perpanjang dan Bikin SIM

"Kita berencana ingin membuat aplikasi Inventory yang saling terintegrasi dengan Polda dan Juga Korlantas. Hal ini dilakukan guna meningkatkan keamanan serta pelayanan kepada masyarakat," ujar dia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa